Mama Rock ‘N Roll. Cerita Para Musisi Perempuan Kaum Ibu

Dec 22, 2017

Setiap tanggal 22 Desember kita memperingati hari ibu. Hari yang memperingati peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Maka itu pada kesempatan ini Pop Hari Ini mengangkat para musisi perempuan yang aktif menjajaki panggung setiap akhir pekan namun sehari-hari tidak melupakan menjalankan tugas sebagai seorang ibu dalam mengasuh anaknya. Mereka adalah Tantri Syalindri (vokalis band rock Kotak), Dina Dellyana (programming/synth band electro pop HMGNC), Aprimela Prawidyanti (piano & voila, band pop retro Whiteshoes and The Couples Company), Yuyi (bassis Flower Girls – band tribut Dara Puspita), penyanyi Bonita dari grup Bonita and The Hus Band dan Mian Tiara yang baru saja merilis album terbarunya. Simak cerita mereka kepada Pop Hari Ini tentang menjadi musisi di akhir pekan, dan menjadi seorang ibu dalam kesehari-hariannya.

 

Dina Dellyana, HMGNC

foto: dok. pribadi

Saat ini sudah punya berapa anak dan umur berapa saja? 1 saja. 6 tahun. Bagaimana menjelaskan ke anak tentang pekerjaan sebagai musisi? Ajak aja manggung, ke studio untuk rekaman dan latihan, nanti juga mengerti. Bagaimana membagi waktu mengurus anak dengan manggung? Aman sih. Kalau manggungnya tempatnya child friendly ya diajak, kalo nggak ya titip sama nenek kakeknya. Kalau latihan, milih waktu yang dia sekolah atau udah tidur. Lagu musik apa yang didengarkan/suka dinyanyikan ke anak? Chet baker. Dan lagu-lagu yang gue dengerin aja. Alina Baraz, Daniel Caesar dan Chet Baker. Anak suka lagu-lagu apa aja? Suka lagu-lagu yang saya dengerin haha. Sejauh ini minat/hobi anak mengarah ke mana? Matematika, gambar dan piano. Dan apakah berharap anak akan mengikuti jejak sebagai musisi? Nggak sih, gausah haha Adakah pesan untuk para musisi perempuan yang akan mempunyai anak? Harus memikirkan plan B kalau cuti hamil biar band tetep bisa manggung gimana caranya.

 

Tantri Syalindri, Kotak

foto: dok. pribadi

Saat ini sudah punya berapa anak dan umur berapa saja? Anak 1, usianya saat ini 20 bulan. Bagaimana menjelaskan ke anak tentang pekerjaan sebagai musisi? Saya selalu melibatkan Kara saat sedang manggung, tanpa harus di jelaskan anak akan mengerti dan tidak asing dengan musik. Bagaimana membagi waktu mengurus anak dengan manggung? Musisi tidak membutuhkan waktu office hour, hanya di hari tertentu saja harus keluar kota. Jadi masih banyak waktu untuk anak dan terkadang jika ruang tunggunya kids friendly suka saya ajak manggung. Insya Allah aman. Lagu musik apa yang didengarkan/suka dinyanyikan ke anak? Saya lebih sering memberikan lagu daerah. Alasannya simpel! Lagu daerah musiknya dinamis dan rancak. Mengundang Kara untuk joget dan bernyanyi dengan sendirinya. Anak suka lagu-lagu apa aja? Lagu daerah! Favoritnya “Ondel-Ondel”, “Yamko Rambe Yamko”, “Lir-ilir”. Sejauh ini minat/hobi anak-anak mengarah ke mana? Masih terlalu dini untuk menentukan hobinya kemana, tapi secara alami anak kecil akan suka musik. Dan apakah berharap anak akan mengikuti jejak sebagai musisi? Orang tua tugasnya memberikan fasilitas atau menyuport anaknya, sesuai dengan minat dan hobinya yang nanti akan bertemu dengan karirnya. Adakah pesan untuk para musisi perempuan yang akan mempunyai anak? Tetaplah berkarya karena seharusnya kehadiran anak bisa memberikan nuansa baru untuk karyanya. Di era digital saat ini dan fasilitas lainnya yang semakin maju seharusnya mudah menampik pernyataan orang-orang bahwa: MUSISI PEREMPUAN HAMIL PASTI MATI KARIRNYA.

 

Bonita, Bonita & The Hus Band

foto: dok. pribadi

Saat ini sudah punya berapa anak dan umur berapa saja? Anak 1, laki-laki usia 9 tahun. Bagaimana menjelaskan ke anak tentang pekerjaan sebagai musisi? sampai umur ke 4, sesekali Pram aku ajak saat bermusik. Tidak bisa sering karena jam kami bermusik sering malam hari dan banyak asap rokok. Semakin besar, dia semakin sering ikut. Jadi alami saja tanpa ada penjelasan formal kepadanya. Di rumah pun kami tetap bermusik. Dari rekaman, latihan sampai acara bulanan kami Live At Rumahbonita 🙂 Bagaimana membagi waktu mengurus anak dengan manggung? Kaena Pram di rumah, home schooling dan selalu bersama saya baik di rumah atau pun bekerja, sampai hari ini kami belum mengalami kesulitan 🙂 Lagu musik apa yang didengarkan/suka dinyanyikan ke anak? Dari bayi aku sering menyanyikan lagu anak-anak “Desaku”, “Belaian Sayang”, “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, “Bila Ku Ingat (Bunda Piara)” dst 🙂 Anak suka lagu-lagu apa aja? Di umurnya ke 9 ini dia senang sekali mendengarkan radio. Radio favoritnya Prambors (tentunya), Delta, Most FM dan Female Radio. Haha.. lucu dia 🙂 Sejuah ini minat/hobi anak-anak mengarah ke mana? Dia senang sekali bernyanyi. Dia suka dan seperti mudah memencet tuts-tutsnya untuk mencari sebuah nada lagu atau tak sengaja membunyikan kord. Dan apakah berharap anak akan mengikuti jejak sebagai musisi? Saya sangat berharap Pram mengerti kenapa musik itu penting dlm hidupnya. Baik untuk keberlangsungan hidupnya, juga keberlangsungan hidup bersama secara sosial. Selain di musik dia juga kami arahkan untuk punya skill memasak dan nanti akan belajar bersama utk bercocok tanam 🙂 Adakah pesan untuk para musisi perempuan yang akan mempunyai anak? saya rasa sama mereka secara naluri keibuan akan percaya dengan insting mereka dan pastinya perlahan-lahan akan tahu harus bagaimana menjalankannya. Semoga mereka di support oleh pasangan mereka seperti saya di support 100% oleh suami saya. Saya sangat merasa bersyukur atas hal itu.

 

Aprimela Prawidyanti,  White Shoes And The Couples Company

foto: dok. pribadi

Saat ini sudah punya berapa anak dan umur berapa saja? Ada dua, pertama umur 14, yang kedua umur 11 tahun. Apa sih suka duka menjadi musisi sekaligus mengurus anak? Sukanya bisa ngajarin anak bermain musik lama ngga terpatok sama waktu anytime anywhere. Kalo dukanya, sedih aja pas harus ninggalin diwaktu weekend apalagi kalo hampir tiap weekend. Bagaimana menjelaskan ke anak tentang pekerjaan sebagai musisi? Setiap hari pasti ada waktu dengerin musik bareng sekeluarga sampai sekarangpun ketika mereka dewasa sering ikut tur. Bagaimana membagi waktu mengurus anak dengan manggung? Mostly sebisa mungkin kalo venue nya memungkinkan gue selalu bawa anak anak gue, mereka lebih seneng juga malahan daripada ditinggal di rumah. Lagu musik apa yang didengarkan ke anak? Banyak banget, dari lagu Indonesia, Dara Puspita – “A Go Go”, Orkes Tropicana,  “Pak Tani”, Koes Bersaudara – “Angin Laut “.  Anak suka lagu-lagu apa aja? Kalo Sachi malahan suka nya Flight Of The Conchords – “The Most Beautiful Girl (In The Room)”. Apakah berharap anak akan mengikuti jejak sebagai musisi?  Gue berharap mereka jadi apapun yang mereka pengen. Selama gue bisa dan mampu ngajarin yang gue bisa pasti gue akan ajarkan. Sebagai orang tua gue adalah penyedia buat anak anak gue, apa yang mereka pilih dan suka silahkan, tapi harus tanggung jawab dan berguna bukan hanya untuk diri mereka sendiri tapi juga untuk orang lain. Adakah pesan untuk para musisi perempuan yang akan mempunyai anak? Punya anak gak lantas menghambat ibu untuk tetap bermusik. Sejauh kita tahu cara membagi waktu yang pas antara main musik dan mengurus anak.  

 

Yuyi Trirachma, Flower Girls

foto: dok. pribadi

Saat ini sudah punya berapa anak dan umur berapa saja? Satu, umur 7 bulan. Bagaimana mengenalkan musik ke anak di usia itu? Kalo ngenalin musik udah dari zaman di kandungan sih. Pertama pas hamil gue masih manggung sampai usia 8 bulan. Lalu selalu sempetin sehari 1 jam dengerin musik klasik dan orkestra. Sekarang ini kalo dia lg maen di playmat biasanya gue maen gitar di sampingnya. Bagaimana membagi waktu mengurus anak dengan manggung? Jadwal manggung emang berkurang banget semenjak punya anak. Sekarang bermain jadi musisi session lagi dikurangin bahkan enggak sama sekali. manggung cuma dengan Flower Girls, paling hanya ngambil kerjaan jingle yang bisa disambi di rumah. Biasa kalo latian/manggung, siang anak ya dibawa. Kalo malem, anak dititip di eyangnya dulu sampai selesai baru dijemput lagi.  Lagu musik apa yang didengarkan/suka dinyanyikan ke anak? Lagu anak-anak Indonesia wajib sih, trus karena lagi ada proyek Flower Girl sih sering banget nyanyiin Dara Puspita, lalu paling sering lagi sih The Beatles dan David Bowie. Ada respon gak kalo anak pas lagi suka sama satu lagu tertentu? Kalo respon sih blom ada yang signifikan dia suka atau gaknya, tapi dia lebih anteng kalo misal gue tinggal di playmat dan ada musiknya, dan kalo digendong sambil nyanyi. Dan apakah berharap anak akan mengikuti jejak sebagai musisi? Gak juga sih, terserah dia aja mau jadi apa nantinya. Gak harus musisi. Yang penting dia jalaninnya hepi jadi apapun nantinya. Adakah pesan untuk para musisi perempuan yang akan mempunyai anak? Punya anak gak menghambat seorang ibu untuk berkarya kok, asal tahu cara bagi waktu yang bener dan diizinin suami.

 

Mian Tiara, Penyanyi

foto: dok. pribadi

Saat ini sudah punya berapa anak dan umur berapa saja? Sekarang punya 1 anak yang belum lama ini berumur 5 tahun. Apa suka duka menjadi musisi sekaligus mengurus anak? Seringkali kita tidak bisa mendapatkan dua hal yang kita inginkan sekaligus. Dan akhirnya harus memilih. Waktu tidak akan cukup untuk keduanya. Kadang harus pergi jauh tanpa bisa mengajak si anak, atau harus tampil larut malam sehingga tidak bisa menemaninya tidur. Atau kadang tidak mengambil kesempatan manggung karena tidak ada yang bisa menjaga anak untuk sementara. Tapi kita harus belajar menerima itu, menerima pilihan-pilihan yang kita buat, dan menghidupi hidup. Bagaimana menjelaskan ke anak tentang pekerjaan sebagai musisi? Saya menjelaskan profesi musisi sama seperti orang tua lain menjelaskan profesi mereka kepada anak-anaknya. Bagi kami, kuncinya ada pada komunikasi yang baik. Bagaimana membagi waktu mengurus anak dengan manggung? Alhamdulillah saya masih punya ibu yang sehat. Jadi saya menitipkan si anak kepada beliau bila saya tidak dapat mengajaknya ke tempat saya berlatih atau manggung.  Lagu musik apa yang didengarkan/suka dinyanyikan ke anak? All the good stuff. Tidak ada pemilihan genre secara spesifik. Saya ingin dia mengenal musik sebagai musik, bukan sebagai sesuatu yang berbatas. Anak suka lagu-lagu apa aja? Banyak. Bermacam-macam. Dari lagu-lagu yang dia pelajari di kelas musik, lagu ilustrasi film dan berbagai lagu lainnya, sampai lagu-lagu yang kita karang bersama secara spontan.  Sejauh ini minat/hobi anak-anak mengarah ke mana?  Selain musik, segala hal yang berbau sains dan alam menjadi minatnya, juga film dan menggambar.  Dan apakah berharap anak akan mengikuti jejak sebagai musisi?Akan sangat menyenangkan bila suatu saat nanti berkesempatan untuk berbagi panggung dengan anak saya. Tapi dia bebas memilih apa yang dia inginkan selama itu dapat ia pertanggungjawabkan dan jalanj dengan sepenuh hati, demi mencari ridho Allâh SWT. Adakah pesan untuk para musisi perempuan yang akan mempunyai anak? Saya yakin semua ibu adalah ibu yang hebat. Dan ketika anak hadir di tengah kita, kita akan berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Ajari mereka tentang hidup dan segala realita yang melingkupinya. Perkenalkan mereka dengan Sang Pencipta, agar masih mampu tersenyum dan berserah dalam menghadapi segala problematika dunia. Syukuri kesempatan yang diberikan kepada kita untuk menjadi ibu. Hidup ini sebentar, pilihlah kesempatan-kesempatan yang datang kepada kita dengan bijak. Karena pada akhirnya segala pencapaian kita baru menjadi kebahagiaan ketika kita bagi dengan orang-orang terdekat dalam hidup kita. Dan yang terakhir, nikmati setiap detiknya. Setiap duka gembiranya, lelahnya, kesal maupun puasnya, sebab waktu tidak akan berulang. Mereka akan tumbuh besar dalam sekejap mata. Kalau boleh menyingkat semuanya ke dalam dua kata: Nikmati. Syukuri.

 

____

Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik, subkultur anak muda dan gemar menonton film. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, lalu bernyanyi dan bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Laidthis Nite Kembali dengan “It’s Gonna Be Alright”

Sembilan bulan setelah “LoveLight” diperdengarkan, Laidthis Nite kembali dengan single baru tentang hasrat dalam judul “It’s Gonna Be Alright” (12/11).

Menakar Hak Pencipta Lagu

Sebelum bicara hak pencipta lagu mari bicara soal ini. Sebagian besar musisi indie sudah mengerjakan apa yang umumnya label rekaman lakukan pada umumnya. Yaitu merekam lagunya melalui perangkat sendiri tanpa harus diberi modal besar …