Mau Bingewatch? Coba Baca Ini dulu!

Mungkin hampir semua dari kamu pernah mem-bingewatch serial televisi kesukaan. House of Cards? Designated Survivor? Black Mirror? Ataupun serial dari masa lalu yang ingin kamu kunjungi kembali sepeti Friends atau How I Met Your Mother. Bingewatching sendiri, menurut Netflix yang baru saja mengeluarkan hasil survey tentang seberapa banyak orang yang melakukan bingewatching secara regular, adalah menonton dua sampai enam episode dari sebuah serial dalam satu waktu. Survey tersebut sendiri menyebutkan bahwa 61% dari TV streamers melakukan bingewatch secara regular cukup memiliki pendapat yang positif tentang level konsumsi mereka. Lalu apakah ada yang harus dikhawatirkan, terutama ketika para ahli mengungkapkan bahwa kebiasaan ini bukanlah hobi yang menyehatkan untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita?

  1. Mata Kering. Mungkin ini adalah dampak yang kecil, tapi bisa sangat mengganggu terutama jika kamu menggunakan kacamata atau lensa kontak. Terlalu banyak waktu di depan layar juga bisa menyebabkan myopia atau rabun jauh.
  2. Menonton secara berturut-turut bisa menjadi menyenangkan dan memuaskan, tapi bisa juga membuat kamu terlalu terobsesi. Adiksi termasuk di dalamnya jika kamu melakukan aktivitas tersebut lebih dari yang kamu rencanakan sebelumnya, misanya jika kamu yang awalnya berncana untuk menonton 3 episde kebablasasan menjadi 6 episode. Apalagi jika mulai mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.
  3. Aktivitas yang mengisolasi. Studi dari Marketcast, sebuat lembaga riset hiburan, menemukan sekitar 56% bingewatchers lebih menyukai melakukannya sendiri dan 98% melakukannya di rumah.
  4. Mengurangi kualitas tidur kamu, sementara American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan orang dewasa tidur sekitar 7 jam sehari.
  5. Menonton 20 jam TV per minggu untuk laki-laki bisa mengurangi sperma sampai 44%.
  6. Menurut Jurnal dari American Heart Association, orang dewasa yang menonton TV lebih dari 3 jam televisi sehari dimana duduk dalam jangka waktu yang lama meningkat masalah kesehatan seperti diabetes, jantung, dan kanker.

Menurut perhitungan dari Nielsen holding, Jika kamu tidak melakukan apapun selain menonton, diperlukan waktu 3 hari penuh untuk melihat setiap season dari Lost atau How I Met Your Mother, dan yang paling lama, serial 24 selama 6 hari lebih. Bisa kamu bayangkan waktu dari tubuh dan pikiran kamu yang tersita ketika kamu bingewatch. Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Untuk yang mau bingewatch dengan lebih ‘aman’, berikut adalah tips dari Academy of Sleep Medicine: Buatlah batasan setiap episode yang akan kamu tonton setiap malam, berhenti atau beristirahatlah setiap episode dengan variasi berdiri, strectching, atau melakukan kegiatan fisik lainnya, unduh episode untuk mengontrol berapa banyak yang akan kamu tonton, atur waktu di akhir pekan, gunakan pengaturan layar yang memfilter blue light, menontonlah di televisi dan bukan di gawai kamu pada malam hari, jangan menggunakan gawai dan menonton di tempat tidur, dan matikan semua layar setidaknya 30 menit sebelum kamu tidur! Selamat mencoba!

 Teks: Aisyah

 

LEAVE A REPLY