Melihat Indonesia dari Kacamata Punokawan

Nov 15, 2022

Mario Zwinkle, Tuantigabelas, Matter Mos dan Sonjah yang tergabung dalam supergroup hip-hop dengan nama Punokawan merilis single ketiga mereka. Berkolaborasi dengan Manutized, single yang diberi judul “Indo” ini menjadi semacam testimoni masing-masing personel tentang bagaimana mereka melihat tanah asal mereka, Indonesia.

Lebih lanjut, “Indo” menceritakan tentang bagaimana penafsiran mereka tentang keadaan Indonesia dengan segala kekurangannya, namun di sisi lain tetap mencintai rumah mereka tersebut. Grup ini juga tak lupa memberikan tribute untuk para legenda yang sudah membuka jalan untuk mereka.

Bekerja sama dengan Jovian Fraaije, Punokawan juga sudah merilis video musik untuk lagu ini. Estetik visual yang dibangun dari video klip dengan menggunakan handheld handycam ditambah dengan mural karya Alphabad yang dibuat manual, sangat terasa dalam menguatkan single ini dalam menyampaikan pesannya.

 

Dirilis bertepatan dengan hari pahlawan (10/11) memang hal yang disengaja dan sekaligus menjadi sebuah pernyataan dari Punokawan bahwa mereka tetap membanggakan dan mencintai negara ini terlepas dari kebencian mereka terhadap kebobrokan sistem dan kondisi Indonesia. 

“Bentuk dan caranya kita semua memang berbeda-beda, namun tujuan nya sama, merayakan, representasi dan deklarasi kalau: ‘ini indo, punya barang bagus bukan main!’” tulis mereka dalam siaran pers.

Beberapa hari setelah tanggal peluncurannya, foto untuk single ini juga banyak dijadikan template untuk meme yang masih berhubungan juga dengan lirik lagu tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by OUTLANDISH 😈 18\11\22 (@manutized)


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

Teddy Adhitya Ciptakan Kapsul Waktu dalam Videoklip Kembalikanku

Teddy Adhitya kembali merilis videoklip baru dari album semua, semua. berjudul “Kembalikanku” via kanal YouTube teddyadhitya hari Jumat (23/02) menyusul perilisan videoklip “Seperti Setiap Hari” dan “Caraku, Caramu”.   Lagu “Kembalikanku” merupakan trek ke-6 …

Jangar Bawakan Ulang Lagu Iwan Fals di Album Mini Terbaru

Jangar merilis album mini terbaru berjudul Malam hari Jumat (23/02) dengan memasukkan dua single “Artileri” dan “Adiksi” yang rilis 2023 lalu ke dalam daftarnya. Album berisi total enam lagu ini juga menghadirkan satu lagu …