Mengenal Musik Soul Bersama Jakarta Soul

Aug 3, 2018

Tidak banyak komunitas musik yang aktif sampai membuat acara reguler di tiap bulannya. Jakarta Soul, sebuah komunitas muda-mudi pecinta musik northern soul dan budaya mods adalah salah satu yang aktif.

Mereka kerap mengadakan hang out bersama, dari riding vespa bersama kemudian end up di pesta musik soul, dari di bar kecil sekitar Jakarta sampai yang besar sekelas Jakarta Mods Mayday di Ancol yang mereka ikuti.

foto oleh KaburLagi.

Pada Minggu (29/7) kemarin di Mondo by the rooftop, anak-anak Jakarta Soul mengadakan acara bertajuk Birth of The Cool. Menunya adalah pemutaran film, sesuatu yang jarang dilakukan mereka, serta soul dance, bersama musik-musik bersumber dari piringan hitam selector yang diundang.

foto oleh KaburLagi.

Filmnya sendiri bertajuk John Simmons: A Modernist, mengangkat kisah John Simmons, sosok ‘pahlawan’ yang nyaris jarang dibicarakan. Seorang fashion desainer yang berpengaruh kepada tren berpakaian di Inggris era 60-an yang di kemudian hari disebut dengan ‘mod’, gaya yang dianut oleh banyak komunitas musik dan anak muda di seluruh dunia, termasuk geng Jakarta Soul di Indonesia.

foto oleh KaburLagi.

Usai pemutaran film, acara ini juga menghadirkan keriaan di Minggu malam dengan aksi dansa-dansi diiringi musik northern soul yang bersumber dari piringan hitam 7 inci, hasil pilihan dari selector-selector terbaik komunitas ini, juga dengan penampilan spesial dari Rob, selector soul dari Inggris.

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …