‘Merah’, Dendam & Gairah Salim Lubis

Feb 3, 2023

Salim Lubis yang sedang menjalani karier solonya, tak dapat berdiam lama. Terbukti dari perilisan single keduanya berjudul “Merah”, yang hanya berjarak dua bulan dari single perdana “Ketidakpastian Yang Pasti”.

Waktu perilisan tersebut dipilih Salim atas dasar kepercayaannya bahwa hidup tak akan panjang, sehingga ia merasa harus melaju maju. Belum lagi dengan tuntutan dan himpitan kota besar yang tak berbelas kasih.

Dalam lagu ini, Salim kembali mengajak tandem yang sudah terlibat pada karya sebelumnya, Fathan Haikal M (MAGANDA). Salim juga mengungkapkan bahwa pola kerja yang ia dan sahabat karibnya ini terapkan seperti David Bowie dan Mick Ronson.

Selain Fathan, beberapa nama seperti Ana Isnt, Featuz, hingga Barirul ikut terlibat dalam proses rekaman “Merah”. Berbekal bantuan dari nama-nama tersebut, Salim menggarap single baru itu tanpa peduli seputar pakem dan genre. Meleburkan berbagai macam eksplorasi, maka terciptalah lagu rock alternatif yang teatrikal, dengan dominasi string section dan harmonisasi.

Lirik lagunya sendiri memiliki garis besar tentang dendam dan gairah. Salim merasa bahwa dendam adalah naluri manusiawi yang hari ini dianggap kurang elok oleh masyarakat. Namun menurutnya, kejujuran dan cara bekerja dari dendam selalu tampak elok nan molek.

“Dendam menyimpan kejujuran, serta kemolekan yang amat magis. Ia menempel di bawah alam sadar dan mencuat ketika coba dilenyapkan. Enggan mengalah, amat bergairah. Beri dia ruang di antara sukma, mainkan atau putarkan “Merah” selagi kau jaga, lalu lihatlah ia bekerja!” tutup Salim Lubis.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …