667

Merdeka Dari Gondrong

Gondrong dan musik rock itu adalah entitas penting yang tidak dapat dipisahkan. Namun ceritanya bisa berbeda kala setelah berkeluarga tuntutan norma-norma sosial dan kehidupan normal menghadang di depan mata. Belum lagi faktor kerontokan rambut seiring umur bertambah, jiwa memberontak yang dirasa tidak terlalu membuncah lagi, dan mulai menikmati fase kemapanan sehingga rambut panjang terurai terasa tidak relevan lagi. Berikut ini adalah cerita para musisi gondrong yang akhirnya memangkas mahkota paling berharga milik mereka. Meskipun beberapa dari mereka menyatakan pasti akan memanjangkan rambutnya lagi nanti. Karena ada pepatah dari barat yang menyatakan, “once you go-ndrong, you’ll never go back”.

__

Farri Icksan gitaris The SIGIT dan pemilik label Selekta Galaktika

foto: Refan Ramadhan

Sejak kapan gondrong? Hampir 3 tahun. Kenapa memutuskan potong pendek? Karena rambut putih di bagian samping kiri kanan saya akan lebih terlihat apabila berambut pendek. Berapa lama mikir dan memutuskan dipotong? Cuma beberapa jam saja tapi yang lama adalah nyari waktu luang untuk ke barbershop. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Pendengaran lebih peka karena telinga tidak terhalang rambut. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Kacamata jadi gampang jatuh kalau pose headbang, yang mana di jaman grondrong masih bisa ketahan oleh rambut. Dan mimik muka cemberut jadi lebih gampang terlihat ketika ada masalah tata suara di atas panggung, mempermudah kinerja teknisi sih kelihatannya. Adakah rencana untuk memanjangkan rambut lagi? Belum ada Apakah dengan rambut pendek tidak khawatir berkurang kadar rock/rebelnya? Hahahaha

foto: Refan Ramadhan

__

Indra ‘MORRG’ Wirawan. Vokalis/bassis Rajasinga dan ilustrator

foto: dok. istimewa

Sejak kapan gondrong? Terhitung keluar dari SMA, 16 tahun. Rekor rambut terpanjang? rekor terpanjang cuma sampe sepunggung doang. Itupun karena males motong dan lagi berbenah skripsi, masa itu. Selebih dari itu udah ngga bisa karena bakal ribet dan gerah. Apalagi treatment shampo itu bisa cuma 4 hari sekali, karena emang ngga suka rambut yang berkilau dan goyang kemana-mana. Kenapa memutuskan potong pendek? Karena terakhir sepertinya udah mentok. Dan saya orangnya mencintai proses. Cukur rambut biar ada alasan gondrong lagi. Jadi ada tujuan gitu. *Iya. Berapa lama mikir dan memutuskan potong? Ngga lama. Cuma 3 jam doang. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Dulu gondrong bisa menyembunyikan muka. Sekarang dengan rambut pendek, keliatan hancurnya itu paras karena jerawat dan bopeng wajah. Haha. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Hampir ngga ada, karena tiap di panggung pasti tradisi headbang itu tetap. Bedanya mungkin di berat, ngga nya kepala kali ya (*iya). Lebih ekstra headbang ketika rambut pendek. Berakibat awal-awal tulang leher juga sempet pegel karenanya. Ada rencana memanjangkan rambut lagi? Pastinya ada. Cukur rambut ini biar bisa gondrong lagi. Seperti jawaban di atas, tujuan hidup ini ketika sudah potong pendek, ya itu, gondrongin lagi. Dengan rambut pendek tidak khawatir dianggap berkurang kadar rock kamu? Tetap ngga sih. Rock itu attitude dan soul. Bukan dari penampilan rambut belaka. Tapi di sini, di hati. *iyaa.

foto: dok. istimewa

 

Baca juga:  Feast, Para Pembawa Pesan

__

Farid Stevy. Vokalis FSTVLST, dan seniman

foto: dok. istimewa

Sejak kapan gondrong? Terakhir potong rambut pas mau nikah, hampir 3 tahun lalu. Wah, jadi tau, melihara rambut gondrong ternyata ga gampang, seperti juga bahtera rumah tangga. Rekor rambut terpanjang? Yang terakhir gondrong terpanjang, ujungnya hampir sepinggang. Kenapa memutuskan potong pendek? Masalah klasik pergondrongan, rontok rambutnya, karena ga terlalu rajin ngerawat juga. Tapi yang terakhir ini ada alasan tambahan, yaitu kebiasaan anak saya (Tun Jawa, 21 bulan) yang suka narik-narik rambut bapaknya, dengan bersemangat, alhasil rontok jadi lebih maksimal dan mengkhawatirkan. Berapa lama mikir dan memutuskan dipotong? Seminggu. Persetujuan istri dapet cepet, nanya temen-temen di studio kerja jawabannya: “potong aja mas, situ udah ga butuh rambut gondrong sebagai atribut kesenimanan.” Fak. Dipikir saya gondrong demi itu. Hih, cih! Bulat tekad potong rambut. Apa perbedaan berambut gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Rambut pendek: banyak anak-anak temen yang masih bayi mau saya deketin. Sebelumnya takut, nangis kalo dideketin. Kalo anak saya udah biasa sama rambut gondrong bapaknya, malah seminggu pertama setelah potong rambut, anak saya gamau deket-deket. Perbedaan berambut gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Dulu pas gondrong, kibas rambut jadi aksi andalan untuk menutupi performa tarik suara yang ga merdu merdu amat. Sekarang pas pendek, harus menemukan gestur-gestur baru yang sesuai. Adakah rencana untuk memanjangkan rambut lagi? Ndak berencana sih, memanjangkan rambut bagi saya bukan atas kesadaran konseptual, tapi lebih tentang kelalaian merawat diri. Apakah dengan rambut pendek tidak khawatir dianggap berkurang kadar rock/rebelnya? Tidak. Kadar rock/ rebel itu saya ukur dari seberapa bersih saya nyuci piring sehabis makan.

foto: dok. istimewa

 

Baca juga:  Kacamata Gaya Musisi Indonesia

__

Anto Arief vokalis/gitars 70sOC

foto: Michael Timothy

Sudah berapa lama memelihara rambut gondrong? Ini kali ketiga. Yang terakhir ini pas mulai kuliah S2 kemarin, sekitar 2013. Berarti 4 tahun. Rekor rambut terpanjang? Mendekati puting. Kenapa memutuskan potong pendek? Bosan. Dan emang sudah rencana suatu saat akan pendek. Berapa lama mikir dan memutuskan potong? Seminggu niat, seminggu kemudian baru potong. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Rambut pendek lebih cepat kering habis keramas, gakan kejepit retsleting jaket lagi atau kejepit punggung sendiri ketika duduk nyender di kursi. Plus ngga akan dikira hantu sama istri kalau tengah malam ngantri di toilet mau pipis. (gelap-gelap, gondrong awut-awutan efek baru bangun, jalan gontai karena efek nyawa belum ngumpul, plus sedikit cahaya dari belakang, pernah membuat istri teriak kaget dan menangis di tengah malam). Apa perbedaan berambut gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Sebagai hat person pilihan topi terbatas, (ga bisa pakai topi biasa, kecuali mau seperti Wayne’s World), lalu rambut kejepit strap tiap ganti gitar, dan karena rambut saya lurus selalu tampak lebay saat difoto mengibaskan rambut pas manggung. Kekurangannya kalau di foto manggung: tidak keliatan spesial. Ada rencana untuk memanjangkan rambut lagi? Tentunya begitu. Inilah lembah hitam lelaki gondrong. Apakah dengan rambut pendek tidak khawatir dianggap berkurang kadar rock/rebelnya? Saya main funk. Jadi pertanyaan itu tidak berlaku sama sekali. Lagian pernah liat musisi funk gondrong?

foto: Andry Mario

__

Baca juga:  Pangalo! Dan Katalog Funk Indonesia Yang Malu-Malu

Muhammad Istiqomah Djamad Vokalis/gitaris Payung Teduh

foto: Indra Gobenk

Sejak kapan gondrong? sejak tahun 2004 – Desember 2015. Terus kribo lagi. Trus potong botak lagi desember 2016. Rekor rambut terpanjang? Lewatin pantat hampir sepaha. Kenapa memutuskan potong pendek? Pengen aja. Berat. Udah gimbal 2 kali. Gerah. Berapa lama mikir dan memutuskan dipotong? Beberapa detik. Langsung ke tukang cukur pengkolan. Potong botak. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Ditanyain setiap saat. Apalagi ke tempat-tempat baru. “Mas Is kenapa potong? Hajatan ya? Nebus janji ya??” Banyaklah pertanyaan aneh-aneh. Pada kepo ya orang. Haha.  Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Sering dikomenin ditereakin “Bang, gondrong lagi. Bang, jelek loe bang botak. Bang, aneh loe. Bang, ga cocok loe botak.” Gw jawabnya: bodo amat. Mau beliin gw sampo tiap minggu? Adakah rencana memanjangkan rambut lagi? Iyap. Nih udh mulai lagi. Apakah dengan rambut pendek tidak khawatir dianggap berkurang kadar rock/rebelnya? Udeh! Katanya turun banget pamornya. Turun banget semangat ngerocknya haha.

foto: Dwi Uunk

 

____