727

Merdeka Dari Gondrong

Gondrong dan musik rock itu adalah entitas penting yang tidak dapat dipisahkan. Namun ceritanya bisa berbeda kala setelah berkeluarga tuntutan norma-norma sosial dan kehidupan normal menghadang di depan mata. Belum lagi faktor kerontokan rambut seiring umur bertambah, jiwa memberontak yang dirasa tidak terlalu membuncah lagi, dan mulai menikmati fase kemapanan sehingga rambut panjang terurai terasa tidak relevan lagi. Berikut ini adalah cerita para musisi gondrong yang akhirnya memangkas mahkota paling berharga milik mereka. Meskipun beberapa dari mereka menyatakan pasti akan memanjangkan rambutnya lagi nanti. Karena ada pepatah dari barat yang menyatakan, “once you go-ndrong, you’ll never go back”.

__

Farri Icksan gitaris The SIGIT dan pemilik label Selekta Galaktika

foto: Refan Ramadhan

Sejak kapan gondrong? Hampir 3 tahun. Kenapa memutuskan potong pendek? Karena rambut putih di bagian samping kiri kanan saya akan lebih terlihat apabila berambut pendek. Berapa lama mikir dan memutuskan dipotong? Cuma beberapa jam saja tapi yang lama adalah nyari waktu luang untuk ke barbershop. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Pendengaran lebih peka karena telinga tidak terhalang rambut. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Kacamata jadi gampang jatuh kalau pose headbang, yang mana di jaman grondrong masih bisa ketahan oleh rambut. Dan mimik muka cemberut jadi lebih gampang terlihat ketika ada masalah tata suara di atas panggung, mempermudah kinerja teknisi sih kelihatannya. Adakah rencana untuk memanjangkan rambut lagi? Belum ada Apakah dengan rambut pendek tidak khawatir berkurang kadar rock/rebelnya? Hahahaha

foto: Refan Ramadhan

__

Baca juga:  Kritak Kritik dalam Musik, Perlukah?

Indra ‘MORRG’ Wirawan. Vokalis/bassis Rajasinga dan ilustrator

foto: dok. istimewa

Sejak kapan gondrong? Terhitung keluar dari SMA, 16 tahun. Rekor rambut terpanjang? rekor terpanjang cuma sampe sepunggung doang. Itupun karena males motong dan lagi berbenah skripsi, masa itu. Selebih dari itu udah ngga bisa karena bakal ribet dan gerah. Apalagi treatment shampo itu bisa cuma 4 hari sekali, karena emang ngga suka rambut yang berkilau dan goyang kemana-mana. Kenapa memutuskan potong pendek? Karena terakhir sepertinya udah mentok. Dan saya orangnya mencintai proses. Cukur rambut biar ada alasan gondrong lagi. Jadi ada tujuan gitu. *Iya. Berapa lama mikir dan memutuskan potong? Ngga lama. Cuma 3 jam doang. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek dalam kehidupan sehari-hari? Dulu gondrong bisa menyembunyikan muka. Sekarang dengan rambut pendek, keliatan hancurnya itu paras karena jerawat dan bopeng wajah. Haha. Apa perbedaan gondrong dan sekarang pendek di atas panggung? Hampir ngga ada, karena tiap di panggung pasti tradisi headbang itu tetap. Bedanya mungkin di berat, ngga nya kepala kali ya (*iya). Lebih ekstra headbang ketika rambut pendek. Berakibat awal-awal tulang leher juga sempet pegel karenanya. Ada rencana memanjangkan rambut lagi? Pastinya ada. Cukur rambut ini biar bisa gondrong lagi. Seperti jawaban di atas, tujuan hidup ini ketika sudah potong pendek, ya itu, gondrongin lagi. Dengan rambut pendek tidak khawatir dianggap berkurang kadar rock kamu? Tetap ngga sih. Rock itu attitude dan soul. Bukan dari penampilan rambut belaka. Tapi di sini, di hati. *iyaa.

foto: dok. istimewa