Mondo Gascaro Raih Penghargaan Piala Citra FFI 2019

• Dec 11, 2019

Musisi Ramondo Gascoro atau Mondo Gascaro keluar sebagai Pemenang penghargaan dan membawa pulang Piala Citra Festival Film indonesia (FFI) 2019 dalam kategori Penata Musik Terbaik untuk film Kucumbu Tubuh Indahku.

Musisi yang lebih akrab disapa Mondo ini berhasil mengalahkan beberapa nomine lain yang ada di kategori yang sama, di antaranya adalah Andhika Triyadi dalam Bumi Manusia, Andhika Triyadi dalam Dua Garis Biru, Aghi Narottama, Bemby Gusti, Tony Merle – Gundala, Lie Indra Perkasa – Bebas, dan Thoersi Argeswara – 27 Steps Of May.

Mantan personil dari grup band SORE yang kini bersolo karier ini sebelumnya juga sempat meluncurkan album lagu tema Kucumbu Tubuh Indahku. Lagu “Dari Seberang” merupakan bagian dari 11 lagu dalam album soundtrack film Kucumbu Tubuh Indahku. Sebagian besar lagu dalam album tersebut telah digubah ulang, seperti “Apatis” yang dipopulerkan Benny Subardja dan dinyanyikan ulang oleh Mondo. “Rindu Lukisan” karya Ismail Marzuki dinyanyikan oleh Tilly Haryanto dan “Hanya Semalam” yang juga karya Ismail Marzuki dinyanyikan oleh Endah Laras. Selain itu, ada “Bimbang Tanpa Pegangan” karya Sjaiful Bachri dinyanyikan oleh Danilla.

Mondo sendiri mengaku tak menyangka bawah hasil kerja kerasnya menggarap musik untuk film bisa mendapatkan apresiasi yang maksimal.

“Benar-benar ngga menyangka setelah menggarap musik lebih dari 20 film, akhirnya bisa masuk nominasi sekaligus membawa pulang piala Citra di tahun ini. Terima kasih untuk FFI 2019 atas kerja kerasnya dalam mengapresiasi pekerja seni perfilman di Indonesia selama ini,” tulis Mondo di akun instagramnya.

Mondo Gascaro di atas panggung malam anugerah Piala Citra FFI 2019 / dok. Mondo Gascaro.

Di dalam ‘pidato singkat’ nya ini, Mondo juga berterimakasih kepada banyak pihak yang telah mendukung dan membantunya dalam proses kreasi di film Kucumbu Tubuh Indahmu ini, mulai dari Garin Nugroho, Ifa Isfansyah, Fourcolours Films sampai Panji Prasetyo. Tak lupa ia juga mengucapkan terimakasih untuk semua teman musisi dan tim produksi musik yang ikut bekerja siang malam demi mewujudkan film ini.

Mondo pun berpesan, kepada seluruh musisi agar terus semangat berkarya dan mencurahkan semua isi kepala untuk memberikan yang terbaik.

Mondo Gascaro di videoklip Apatis

“Untuk semua musisi yang punya passion untuk mengisi musik untuk film ya dedikasikan itu,” tambah Mondo.

Film Kucumbu Tubuh Indahku garapan sutradara Garin Nugroho menjadi film terbanyak menyabet penghargaan FFI 2018, yakni delapan piala. Sebelumnya, film tersebut masuk dalam 11 nominasi dari 21 kategori yang ada.

____

Penulis
Jonathan
Cuma sok tahu tentang musik. Suka foto-foto stage juga.

Eksplor konten lain Pophariini

Rub of Rub – Fluktuasi

Untuk mengisi malam-malam hening, memutar Fluktuasi dari Rub of Rub amat sangat direkomendasikan untuk siapapun yang ingin ‘rileks’.

Daftar Musisi Berzodiak Cancer

Setelah edisi lalu adalah Gemini, kami mengumpulkan para musisi yang berzodiak Cancer. Ternyata ada yang lahir di tanggal yang sama lho!