Musisi Jazz Senior Tanah Air, Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

Jun 9, 2020
Benny Likumahuwa

Musisi/Bassist Barry Likumahuwa tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Ia baru saja kehilangan bukan hanya sosok ayah, namun seorang yang menjadi panutan dan inspirasinya selama ini, yaitu Benny Likumahuwa. Musisi jazz legendaris ini tutup usia pada hari ini, Selasa (9/6/2020) pagi pukul 08.30.

https://www.instagram.com/p/CBMuz9lDTFC/

Tak hanya Barry yang kehilangan sosok sang ayah, Indonesia pun merasa kehilangan putra terbaiknya yang baru saja pergi. Kabar duka ini deras membanjiri kalangan wartawan sejak tadi pagi, Benny Likumahuwa meninggal di usia 73 tahun.

Lahir di Kediri, Jawa Timur, 18 Juni 1946, Om Benny adalah kakak dari almarhum penyanyi legendaris Utha Likumahuwa. Sosok almarhum adalah tokoh penting bagi perjalanan musik Indonesia.

Ia pernah bergabung dengan grup band, The Rollies di tahun 1968 dan terlibat dalam rekaman untuk perusahaan rekaman Polygram di Singapura. Bersama musisi-musisi senior lainnya seperti almarhum Jack Lesmana, musisi Abadi Soesman (kini bergabung di God Bless) serta Candra Darusman, Benny terlibat dalam beberapa proyek grup mereka, tak terkecuali almarhum Ireng Maulana dengan Ireng Maulana All Star-nya.

Om Benny juga banyak berpartisipasi dalam berbagai jenis festival jazz dari tanah air sampai ke mancanegara.

Salah satu dari sekian banyak prestasi yang membanggakan dari sosok Benny Likumahuwa adalah keterlibatannya bersama almarhum Jack Lesmana dan Indra Lesmana membentuk sekolah musik Farabi. Selama bertahun-tahun, Sekolah musik di Jakarta ini telah mencetak musisi-musisi handal tanah air.

____

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan MALIQ & D’Essentials Enggak Bubar

Menyambut perilisan album baru MALIQ & D’Essentials, Can Machines Fall In Love? tanggal 30 Mei 2024, kami menemui mereka di sela-sela waktu latihan hari Selasa (21/05) di studio Mad Haus.   View this post …

Pudar Lanjutkan Karier Bermusik dengan Merilis 3 Single Sekaligus

Setelah terinspirasi Weezer untuk single “Satuperdua” yang meluncur tahun lalu, kini Pudar langsung merilis 3 single sekaligus dengan memakai nama band sebagai judulnya. Di antara judul-judulnya seperti “Buatlah Kelam Terdiam”, “Dalam Pertanda”, dan “Ruang …