Musisi Jazz Senior Tanah Air, Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

172
Benny Likumahuwa
Musisi jazz legendaris tanah air, Benny Likumahuwa tutup usia / foto dok @barrylikumahuwa (instagram)

Musisi/Bassist Barry Likumahuwa tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Ia baru saja kehilangan bukan hanya sosok ayah, namun seorang yang menjadi panutan dan inspirasinya selama ini, yaitu Benny Likumahuwa. Musisi jazz legendaris ini tutup usia pada hari ini, Selasa (9/6/2020) pagi pukul 08.30.

Tak hanya Barry yang kehilangan sosok sang ayah, Indonesia pun merasa kehilangan putra terbaiknya yang baru saja pergi. Kabar duka ini deras membanjiri kalangan wartawan sejak tadi pagi, Benny Likumahuwa meninggal di usia 73 tahun.

Lahir di Kediri, Jawa Timur, 18 Juni 1946, Om Benny adalah kakak dari almarhum penyanyi legendaris Utha Likumahuwa. Sosok almarhum adalah tokoh penting bagi perjalanan musik Indonesia.

Ia pernah bergabung dengan grup band, The Rollies di tahun 1968 dan terlibat dalam rekaman untuk perusahaan rekaman Polygram di Singapura. Bersama musisi-musisi senior lainnya seperti almarhum Jack Lesmana, musisi Abadi Soesman (kini bergabung di God Bless) serta Candra Darusman, Benny terlibat dalam beberapa proyek grup mereka, tak terkecuali almarhum Ireng Maulana dengan Ireng Maulana All Star-nya.

Om Benny juga banyak berpartisipasi dalam berbagai jenis festival jazz dari tanah air sampai ke mancanegara.

Salah satu dari sekian banyak prestasi yang membanggakan dari sosok Benny Likumahuwa adalah keterlibatannya bersama almarhum Jack Lesmana dan Indra Lesmana membentuk sekolah musik Farabi. Selama bertahun-tahun, Sekolah musik di Jakarta ini telah mencetak musisi-musisi handal tanah air.

____