Musisi Pun Kehilangan Glenn Fredly

208
Glenn Fredly / dok. Rendra Heryandi Kusuma

Setiap pendengar yang perasaannya selalu berhasil terwakili oleh bait lirik yang dibawakan langsung dari atas panggung. Kini terpaksa hanya memutar satu per satu lagu Glenn Fredly dengan volume kencang dari rumah masing-masing.

Kepergian Glenn meninggalkan kenangan yang manis bagi semua orang. Terutama para musisi yang juga pernah bekerja sama dengannya. Rasanya memang tak cukup hanya sekali ini saja untuk mengenang sosok Glenn Fredly. 

Glenn Fredly / dok. Syafira Muthiary

Berikut yang kami rangkum ungkapan rasa kehilangan terdalam mereka:

1. Che Cupumanik 

Ia berpendapat Glenn adalah orang yang ramah, mudah menyapa, menghargai umat agama lain, murah hati dalam memberi apresiasi pada seseorang.

View this post on Instagram

Suatu pagi, jam 06:00 subuh, @glennfredly309 telepon saya: “Che, gue hubungi lo dari tadi malem, mungkin lo udah tidur. Sorry telepon lo pagi-pagi. Gini Che, nama lo harus udah masuk dari tadi malem ke daftar tamu istana sebenarnya, gue butuh lo untuk menemui Jokowi siang ini, berangkat ya Che, gue butuh musisi yang ikut diskusi dari wilayah sidestream, beberapa musisi yang lain udah konfirmasi hadir, ayo Che”. . Gue bersedia hadir karena satu tujuan yang sama dengan dia, yakni mewujudkan ekosistem musik yang baik hari ini dan terutama untuk masa depan. Gue mau berangkat karena merasakan, bahwa Glenn melakukan itu untuk sebuah cita-cita luhur bersama. . Tadi malam mendengar kabar dia berpulang rasanya sulit sekali dipercaya. Dalam tragedi besar kemanusiaan, musik Indonesia juga berduka, kehilangan salah satu putra bangsa. . Glenn, orang yang ramah, mudah menyapa, menghargai umat agama lain, murah hati dalam memberi apresiasi pada seseorang. Makasih Glenn, maafkan..kadang gue keras dalam mengungkapkan opini dalam sebuah forum, kadang kita berbeda pandangan, kita pernah bersebrangan argumen, kita sering telepon berjam-jam intens untuk mencari solusi bersama, dan lo selalu memperlihatkan sikap bersahabat dan ngajak gue untuk fokus demi cita-cita tata kelola musik Indonesia yang lebih baik. Gue akan lanjutkan perjuangan itu bro ✊🏻 . Gue membungkus kalimat yang sering lo ketik untuk gue: “Hope we can fight together for today’s & our next music generation”. Harapan itu akan tinggal di kepala gue Glenn. . Selamat jalan pulang, semoga Tuhan menempatkan lo di tempat paling damai, makasih udah ngasih gue teladan, karena sudah memberikan karya terbaik, sebagai warisan berharga untuk musik Indonesia. Duka yang dalam, kesedihan gue sejak tadi mlm untuk lo Glenn 😔😔 . [ *Video ucapan dari Glenn dalam postingan di slide terakhir, adalah kesan dan testimoni dia untuk lagu “Bermain Tragedi” @konspirasiband ] #glennfredly

A post shared by Che Cupumanik (@checupumanik) on

 

2. Ras Muhamad
Ras mengingat ucapan Glenn Fredly: “Matahari terbit dari timur. Indonesia harus memanggil orang-orang Papua adalah Kakak.”

 

3. Dewa Budjana
Budjana mengatakan, ia bersama Glenn sering kali menghabiskan waktu hanya membahas tentang budaya dan seisinya.

 

4. HiVi
Kuartet ini mengenang saat mereka berkunjung ke Ambon dan bertemu Glenn di sana.

 

5. Yura Yunita
Salah satu musisi yang sangat terpukul atas kepergian Glenn. Setelah mengunggah cuplikan kebersamaan di lagu “Cinta dan Rahasia”. Ia juga mengenang apa yang dikatakan Glenn di pertemuan terakhir mereka: “Neng, habis ini aku mau istirahat dulu ah dari musik, ngga akan nyanyi dulu.“

View this post on Instagram

Kak, aku kehilangan kata, Kak Glenn 😭😭😭

A post shared by YURA YUNITA (@yurayunita) on

View this post on Instagram

Rasanya baru kemarin , gak pernah nyangka ini jadi panggung terakhir kita. Ini jadi terakhir kalinya duet bareng nyanyiin lagu kita. Setelah acara ini kita ngobrol panjaaaang banget curhat tentang kehidupan, mimpi mimpi kita, Kak Glenn yang tak henti hentinya dari dulu sampai sekarang selalu ucap doa & harapannya untuk Yura, jadi orang pertama yg selalu percaya sama Yura. . Terakhir Kak Glenn bilang “ Neng, habis ini aku mau istirahat dulu ah dari musik, ngga akan nyanyi dulu“ 😭😭 Tapi kaaak… . . Selamat istirahat Kakakku tersayang, Glenn Fredly . Aku sangat merasa kehilangan 😭😭😭😭😭😭😭😭😭 . Berjuta kata ngga ada yang bisa menggambarkan betapa bersyukurnya, betapa berterimakasihnya aku atas semua kebaikan, besarnya cinta, ilmu pelajaran, kesempatan, dan begitu banyak hal indah yang telah Kak Glenn berikan untuk aku dan kita semua 🥀💔🙏😭

A post shared by YURA YUNITA (@yurayunita) on

 

6. MALIQ & D’Essentials
Pernah diberi kepercayaan oleh Glenn untuk menjadikan lagu “Semesta” sebagai soundtrack film Filosofi Kopi. Sebelumnya, Widi Puradiredja dipercaya untuk memproduseri lagu “Seandainya” dari album Happy Sunday.

 

7. Andre Dinuth
Gitaris The Bakucakar yang setia menemani di tiap panggung Glenn Fredly tak kalah merasa kehilangan. Ia bercerita sempat dikirimkan Glenn sebuah demo lagu untuk single baru agar dibuatkan musiknya.

View this post on Instagram

17 years and plus together, sharing the stage , sharing the emotion, sharing laughter, sharing sadness.. We’ve been thru our ups and downs, yet in the end we overcome all of that and still be a brother and stronger.. you always there for me.. Gue senang banget waktu gue telf lo dan lo bersedia menjadi bestman di wedding gue &@wandaomar nanti bareng sama @riofebrian25 @saxxattack & Ale , kita saling bercerita gimana serunya masa depan.. Dan pun di masa sulit gue & @wandaomar lo tetap care banget2 dan lo bilang “Nyong semangat ee Tuhan sayang ale.. beta jg sayang ale, Beta cuma mau bilang dari pengalaman cerita proses hidup beta sampai hari ini, ale bisa liat bagaimana Tuhan Nyata bekerja…Itu pasti berlaku juga buat ale adik sayang, segala sesuatu indah pada waktuNYA” Dan lo masih sempat ngirim demo lagu single baru ke gue untuk dibuat musiknya yang belum sempat kita kelarin Baru saja beberapa hari yang lalu kita masih whatsappan, video call juga seminggu lalu IG live bareng.. Gimana kita kangen ketemu dan main bareng lagi sambil bayangin when this over kita balik on stage on fire… Gue masih ga percaya sampai detik ini.. Waktu seakan stop ditempat.. blank.. blank.. terdiam.. blank sampai detik ini gue nulis ini nyong @glennfredly309 I lost a brother…. Jesus Loves You Nyong Gue akan nerusin cita2 lo.. I love you till the end of time Rest In Love Glenn Fredly Deviano Latuihamallo @glennfredly309 Sept 30 1975 – April 8 2020 Untill we meet again 💙💙 Dari ale pung Adik AD #glennfredly Thank you juga adik @crist.tarigan for the moments

A post shared by Andre Dinuth (@andredinuth) on

 

8. Rian D’masiv
Ia mengungkapkan bakal rindu membicarakan soal musik bareng Glenn Fredly.

 

9. David ‘Naif’
Ia sempat bermimpi kolaborasi bareng Glenn Fredly. Bahkan Glenn mengajak David untuk workshop bersama untuk albumnya.

 

10 . Basuki T Purnama (Ahok)
Terakhir, bukan datang dari ranah musik. Beliau menuliskan di Twitter bahwa Glenn adalah salah satu musisi terbaik yang dimiliki Indonesia.

 

____

Baca juga:  Yang Bisa Diceritakan Dari LEXICON+ Virtual Home Concert