Musisiku Sayang, Musisiku Malang: Musisi Ter-bully Netizen di 2020

• Jan 13, 2021
Musisi Ter-bully Netizen di 2020

Para simpatisan, rekan musisi, hingga publik figure juga turut memberikan pendapat mereka kepada hal ini. Banyak yang menganggap pasal pidana UU ITE untuk menjerat Jerinx atas postingan yang dibuatnya itu tidaklah tepat –cenderung dipaksakan. Apabila kita lihat, UU ITE kerap menjadi momok untuk berpendapat. Risiko yang terlalu nyata membuat seseorang engan berpikir kritis dan membagikan pikirannya. Jerinx bisa saja menyebar informasi sesat soal Corona, tapi memberikannya hukuman dengan pasal karet UU ITE bukanlah hal yang tepat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 𝐉𝐑𝐗 (@jrxsid)

 

 Ardhito Pramono

Ardhito Pramono / Foto: akun Instagram @ardhitopramono

“Gue sedih, liat temen-temen musisi yang udah mulai dapet jadwal main di cafe/tempat hiburan. Tapi sekarang dijatohin lagi. Apa salah musisi? Padahal seni pertunjukan secara fisika adalah timbal balik,” ujar Ardhito Pramono melalui akun twitternya @ardhitoprmn.

Pemeran Kale ini tidak hanya sekali dua kali menciptakan gaduh-gaduh. Ia sempat menuliskan cuitan yang dinilai kurang empati. Di tengah meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19, Ardhito justru menyesalkan pelarangan berkumpul dan berkerumun termasuk dalam pertunjukan seni yang akan kembali diberlakukan. Sontak saja netizen geram dan memenuhi kolom komentarnya.

Ardhito juga masuk dalam jajaran public figure yang dianggap mendukung RUU Cipta Kerja dan menuai kontroversi di masyarakat. Hal ini dinilai dari unggahan kontennya yang berbubuhkan hashtag #IndonesiaButuhKerja. Atas ketidaktahuan dan nirempati pada mereka yang menolak RUU ini, Ardhito meminta maaf. Menambahkan, ia berujar bahwa dirinya adalah musisi, bukan buzzer. Ia ingin memiliki pengaruh, tapi lewat musik yang ia buat.

Anehnya, cuitan Ardhito 10 tahun lalu masih saja dipersoalkan oleh warganet. Tweet bermuatan rasis dan homophobia ini lantas mengundang celotahan yang tak mengenakkan. Melalui Instagram Live dan potongan video di Twitter, Ardhito Pramono memberikan klarifikasi dan meminta maaf. Tweet tersebut ada saat umurnya masih 14 tahun, ia juga mengaku bahwasa akun Twitternya dahulu sempat diretas.

*Klarifikasi Arhito terkait indikasi dirinya mendukung RUU Cipta Kerja.

 

Pamungkas

Pamungkas

Ada-ada saja cara netizen untuk mempersoalkan segala sesuatu. Kasus Pamungkas contohnya, ia dianggap terlalu memaksakan diri untuk menunjukan aksen british dalam cara berbicaranya. Hal tersebut sudah mampu menyulut niatan beberapa pengguna sosial media untuk melayangkan ocehan negatif.

Foto lawas Pamungkas saat membawa gitar dan mengenakan kopyah untuk mengiringi seorang penyanyi dalam sebuah acara di stasiun Trans TV juga ramai diperbincangkan di lini masa. Tak ambil pusing, Pamungkas mengklarifikasi dan memberikan cerita panjang terkait foto viral tersebut.

***

Nyatanya, perundungan atau bullying bukan hanya berkisar di lingkungan sekolah. Musabab terjadinya bullying pada seseorang juga tidak terlalu kontras; mereka yang berani menjadi dirinya sendiri, berterus terang, individu terbaik, hingga rajin berinovasi, adalah sasaran empuk dari sang pelaku pem-bully-an –dalam kasus ini, warganet. Ah, musisi-ku sayang, musisi-ku malang, yang kuat ya!

 

____

Penulis
Hillfrom Timotius
Lulus SMA saat pandemi Covid-19 dan mengikuti Ospek di depan layar laptop. Pembaca dan penulis. Mendirikan School For Cool. Fans berat serial How I Met Your Mother, Bakmie Cong Sim, dan Nuran Wibisono. Oh ya, kalau nama saya terlalu sulit, kamu bisa memanggil saya Ipom. Salam kenal.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

SIVIA Merilis Lagu Hening dalam “Serene”

Memasuki pertengahan bulan keenam, SIVIA kembali hadir dengan single terbarunya, “Serene”. Ini merupakan single kedua menuju peluncuran mini album yang akan datang, setelah dibuka nomor pertama “Are You My Valentine?” pada Februari 2021 lalu. …

Perjalanan Panjang Basboi dalam Album Debutnya

Setelah melalui rangkaian single-single yang dilepas secara eceran di beberapa waktu ke belakang, akhirnya Basboi resmi menutup rangkaian tersebut dengan album debutnya, Adulting For Dummies. Resmi dilepas pada hari Jumat (18/06) ini, Basboi menyuguhkan …