Oding Nasution: Gitar, Blues dan Guruh Gipsy

• Mar 21, 2020
Oding Nasution

Keenan dan Oding Nasution serta Chrisye / dok. istimewa

Pontang panting saya mencari kaset Guruh Gipsy, hingga akhirnya menemukannya di lapak jalan setapak menuju kampus di Depok.

Akhirnya, saya mendengar Guruh Gipsy! Apa itu? Dalam bahasa mendeskripsikan suara musik, dapat dikatakan sebagai “percampuran art rock/progressive rock dengan musik tradisi/gamelan Bali”. Sedangkan untuk bahasa mendeskripsikan rasanya: menyerang, luar biasa gila!

Kaset Guruh Gipsy / foto: Instagram.com/oscaraldita

Belakangan, saya mendapati lagi nama Oding Nasution setelah membaca kredit musisi pengisi di album solo Dodo Zakaria, “Mallisa”.  Di album itu, ada favorit-favorit saya; “Rada Rada Gila” yang dinyanyikan oleh Achmad Albar dan “Caplang” yang dinyanyikan oleh Nicky Astria.

Kemudian, ketika “pada waktunya” mendengarkan band lawas Prambors Group, kembali di sana ada Oding Nasution dengan gitarnya.

Oding Nasution adalah gitaris yang sangat dihormati, terutama oleh scene musik rock 1970an. Entah berapa banyak panggung dijajakinya, termasuk saat pernah tergabung dengan God Bless pada 1970an (pertunjukan, tidak pernah dalam rekaman), serta berapa album rekaman yang diisi permainan gitarnya. Bagi saya pribadi, kenangan akan Oding Nasution yang paling membekas adalah saat konser Keenan Nasution di Jakarta pada 2007.

Saya melihat iklan pertunjukan itu di surat kabar. Harga tiketnya mahal, untuk ukuran musisi Indonesia saat itu. Tapi, dasar ngebet, saya beli juga—dua lembar, nonton bersama istri.

Di pertunjukan itulah, untuk pertama kali dalam hidup, saya mendengarkan Guruh Gipsy dimainkan di atas panggung. Memang, tidak ada Chrisye malam itu, juga Guruh. Tapi ternyata lebih baik daripada tidak pernah menonton langsung Guruh Gipsy sama sakali, meski hanya untuk dua lagu.

Oding Nasution / Foto: Instagram.com/dion_momongan

Kenangan yang aneh dan indah.

Kamis, 27 Februari 2020, berita duka datang, Oding Nasution meninggal dunia. Terima kasih untuk musik yang dimainkan, bagi saya terutama karena telah turut mewujudkan album Guruh Gipsy, yang tak mudah untuk diwujudkan. Berita kepergian Oding Nasution membawa kehilangan, sebagaimana saudaranya, Debby Nasution telah lebih dahulu meninggalkan kita semua.

Innalillahi wa innailaihi rojiun.  Selamat jalan.

Obituari ini sebagai tanda salut padamu.

____

Penulis
Harlan Boer
Lahir 9 Mei 1977. Sekarang bekerja di sebuah digital advertising agency di Jakarta. Sempat jadi anak band, diantaranya keyboardist The Upstairs dan vokalis C’mon Lennon. Sempat jadi manager band Efek Rumah Kaca. Suka menulis, aneka formatnya . Masih suka dan sempat merilis rekaman karya musiknya yaitu Sakit Generik (2012) Jajan Rock (2013), Sentuhan Minimal (2013) dan Kopi Kaleng (2016)
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Oding Nasution: Gitar, Blues dan Guruh Gipsy […]

Eksplor konten lain Pophariini

SIVIA Merilis Lagu Hening dalam “Serene”

Memasuki pertengahan bulan keenam, SIVIA kembali hadir dengan single terbarunya, “Serene”. Ini merupakan single kedua menuju peluncuran mini album yang akan datang, setelah dibuka nomor pertama “Are You My Valentine?” pada Februari 2021 lalu. …

Perjalanan Panjang Basboi dalam Album Debutnya

Setelah melalui rangkaian single-single yang dilepas secara eceran di beberapa waktu ke belakang, akhirnya Basboi resmi menutup rangkaian tersebut dengan album debutnya, Adulting For Dummies. Resmi dilepas pada hari Jumat (18/06) ini, Basboi menyuguhkan …