1824

Para Kartini Di Balik Dunia Musik Kita

Ada kutipan yang mengatakan “music industry is a man’s world”. Bayangkan bagaimana sulitnya para musisi perempuan bisa diterima dengan setara di dalamnya. Itu para musisinya, lalu bagaimana dengan para perempuan yang ada di balik layar dunia musik kita? Mereka adalah para sosok di balik layar yang juga bekerja keras di dalam industri musik Indonesia saat ini. Maka itu Pop Hari Ini berbincang dengan beberapa perempuan tangguh di balik layar musik Indonesia saat ini. Dari fotografer, pendiri/direktur booking agent artis, manajer artis, show director hingga publicist/road manager artis.

 

Rendha Rais – Fotografer Panggung Seringai dan Tulus

Jelaskan pekerjaan kamu saat ini dan sebagian besar hal-hal yang dikerjakan setiap harinya Fotografer. Kerjaan saya bukan 9 to 5 jadi nggak setiap hari harus kerja. Di weekdays saya juga  banyak foto untuk profil dan katalog. Setiap weekend saya menggeluti dunia foto panggung sisanya saya pake buat travelling. Sejak kapan menggeluti dunia ini? Kurang lebih 10 tahun Sejauh ini apa pencapaian terbaik dalam pekerjaan kamu? Jalan-jalan ke berbagai tempat dan bertemu orang banyak dari berbagai macam pekerjaan. Bagaimana rasanya menjadi perempuan dalam pekerjaan ini? Senang bahkan menikmatinya. Hal paling berat sebagai perempuan dalam pekerjaan ini adalah? Jikala harus mengerjakan semuanya sendirian. Capekkkkk apalagi kalau lagi dateng bulan. Ceritakan (kalau ada) keuntungan menjadi perempuan dalam pekerjaan ini? Kalau lagi foto panggung suka dikasih space motret karena jarang ada fotografer cewek moto panggung. Bagaimana membagi waktu dengan urusan asmara atau (kalau sudah menikah) rumah tangga? Alhamdulillah selalu dapet pasangan yang mengerti pekerjaan saya.. Haha meskipun ketemunya jadi jarang. Selama ini pernahkah urusan asmara diuntungkan gara-gara pekerjaan ini? Hm apa ya?! dapet gebetan satu profesi hahaha

 

Baca juga:  Kenapa Bandung Pop Darlings*?

Riri Cholid – Manajer Bisnis TulusCompany & manajer Ari Renaldi 

Foto: Claudia Dian

Jelaskan pekerjaan kamu saat ini dan sebagian besar hal-hal yang dikerjakan setiap harinya? Saya bekerja sebagai manajer bisnis untuk TulusCompany – TULUS dan juga music arranger Ari Renaldi. Keduanya, saya bertugas untuk menyusun rencana bisnis, menjalankan dan mengatur tim serta waktu agar semuanya terealisasi sesuai rencananya. Sejak kapan menggeluti dunia ini? Mei 2013 Sejauh ini apa pencapaian terbaik dalam pekerjaan kamu? Bikin konser tunggal TULUS (Konser Gajah TULUS – Jakarta), yang diadakan hanya selisih 3 hari paska hari pernikahan saya. Haha. Bagaimana rasanya menjadi perempuan dalam pekerjaan ini? Seru! Menjadi seorang Ibu, Istri, dan manajer, menurut saya punya tantangan sendiri. Tantangannya adalah harus cermat membagi waktu dan tenaga. Sebanyak-banyaknya kewajiban pekerjaan yang harus dituntaskan, kebahagiaan dan kesehatan keluarga tetap harus diutamakan. Hal paling berat sebagai perempuan dalam pekerjaan ini adalah? Disiplin waktu. Membagi waktu yang proporsional antara pekerjaan, menghabiskan waktu yang berkualitas dengan suami dan anak, dan rehat untuk diri sendiri. Ceritakan (kalau ada) keuntungan menjadi perempuan dalam pekerjaan ini? Bisa bawa anak ke tempat kerja atau kalau lagi rapat santai. Bagaimana membagi waktu dengan urusan asmara atau (kalau sudah menikah) rumah tangga? Haha, masih belajar. Belum menemukan formula yang tepat. Tapi saya mengandalkan “alarm” yang ada di diri saya. Tanpa dibuat-buat, sebagai istri pasti punya “alarm” kapan saya terlalu sibuk dengan pekerjaan, dan memutuskan untuk rehat sejenak demi waktu yang berkualitas untuk suami dan terutama anak. Selama ini pernahkah urusan asmara/keluarga diuntungkan gara-gara pekerjaan ini? Sesekali perpanjang tinggal di satu kota/negara, untuk lanjut liburan sama anak dan suami. :))