Pemuda Sinarmas Kolaborasi bareng Toxic Motel di Hayalan dan Luka

Jun 14, 2023

Muhammad Fajrin Tio (Ajis) adalah seorang pionir cassette jockey yang biasa dikenal dengan nama Pemuda Sinarmas. Lewat inovasi penampilannya menggunakan kaset untuk menyeleksi lagu, Ajis sudah mengantongi beberapa single sejak muncul di tahun 2020 dengan “Kebut Asmara”.

Kini Pemuda Sinarmas kembali hadir dengan single terbaru berjudul “Hayalan dan Luka” yang rilis hari Jumat (09/06). Proses pengembangan lagu berdurasi 5:23 menit ini dilakukan Ajis bersama seniman visual yang terkenal dengan karya glitch-nya, Toxic Motel dalam mempresentasikan gambaran dari judul lagunya.

Dalam siaran pers, Ajis menjelaskan tentang makna dari lagu. “Hayalan adalah candu. Segala rentang usia, beragam strata sosial, hingga segala yang berakal maupun tidak, begitu lekat dengan sang hayal,” kata Ajis.

Proses berkhayal menurut Ajis dapat dilakukan tanpa usaha, modal, dan batas apapun. Untuk itu, aktivitas tersebut sangat lekat dengan kehidupan setiap manusia.

Sementara luka yang diangkat dalam lagu bermakna sebagai rasa lapar yang selalu dihindari, namun tetap hadir dalam kehidupan setiap orang. Ajis menambahkan, “Segala yang memiliki rasa akan merasa lumrah dengan luka. Hanya tinggal bagaimana menghadapi luka, berdamai atau berlarut”.

Dari berbagai sampel musik yang dimasukkan Ajis ke dalam “Hayalan dan Luka”, potongan pidato Ir. Soekarno yang terdengar di awal lagu menjadi unsur yang menarik. Hal ini agar unsur lawas yang kerap dibawakan dan ditampilkan Ajis di setiap panggungnya tetap terasa.

Selain bisa didengarkan via seluruh layanan streaming musik, videoklip “Hayalan dan Luka” sudah tayang melalui kanal YouTube Toxic Motel berbarengan dengan perilisan lagu. Seluruh unsur visual di dalam video sepenuhnya dikerjakan oleh Toxic Motel sebagai kolaborator.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …

Wawancara Eksklusif: Penggarapan Album Penuh Perdana Skandal

Skandal menghadirkan video lirik single terbaru “Mimpi” hari Rabu (28/02) melalui kanal YouTube. Seperti single “Terbang”, karya ini juga bakal masuk daftar album perdana mereka bertajuk Melodi.    Sebelum video lirik “Mimpi” beredar, cuitan …