50

Penjelajahan Musikal Glaskaca di Single “Atom”

Glaskaca, trio indierock asal Jakarta.

Selalu menarik menonton dan mengamati kiprah aksi-aksi yang boleh dibilang baru dalam dunia musik tanah air. Terutama nama-nama yang belum terdeteksi di radar namun punya musik yang menarik, seperti salah satunya unit indierock asal ibukota, Glaskaca.

Kerap bermain di sirkuit kecil, dugaan kami bahwa ini adalah band kemarin sore adalah salah besar. Ternyata mereka sudah berkumpul dan membuat musik sejak 2013.

Bahkan band yang digawangi Dias (vokal, gitar, bass), Aldi (drum), Rayhan (gitar, synth) dan Moses (programming, synth) ini sudah merilis dua mini album, Staedig dan Identity, serta dua buah single “Preclear” dan “Polymath”.

Dan kini, mereka tengah mempersiapkan diri untuk merilis album debutnya yang bertajuk Adendum yang akan diriis 5 September mendatang. Masih lama memang, namun mereka telah jauh-jauh hari membuat pemanasan, salah satunya dengan mengeluarkan single terbarunya, yang kali ini berjudul “Atom”.

Baca juga:  Laze Yang Menjelma Menjadi Kenek Bis dan Penjaga Minimarket

Pejelajahan musikal 

Single “Atom” hadir dalam konsep video lirik di Youtube juga di platform digital seperti Spotify, Google Play, Deezer, iTunes, dan Apple Music. Lagunya berangkat dari pergolakan batin dalam kehidupan personal manusia yang mana juga menjadi persoalan-persoalan yang diangkat di album barunya ini nanti.

“Lirik ‘Atom’ sendiri bercerita tentang momen di mana seseorang tersadar akan ketinggihatiannya,” papar Rayhan Noor selaku gitaris dan pencipta lirik.

“Secara musikal, lagu ini adalah salah satu bentuk penjelajahan bermusik Glaskaca yang lebih luas, yang juga akan terdengar pada lagu lainnya di album nanti,” tambahnya.

Baik lagu ini, juga single “Putih” (bukan cover Efek Rumah Kaca – hanya kebetulan sama) pada April keduanya terangkum bersama materi lainnya dalam album Adendum.

Yang menarik dalam proses pengerjaan albumnya ini, Glaskaca menggandeng musisi Iga Massardi dari Barasuara yang bertindak sebagai produser. Hmm, bakal seperti apa ya album penuhnya nanti? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Baca juga:  Jarakata Merilis “Light It Up"