Perjalanan Baru Tesla Manaf Mendaki Bukit Berduri

72

Tesla Manaf gitaris neoklasikal jazz/musisi eksperimental kini beralih memainkan musik noise. Gitar elektrik yang ia tekuni selama 21 tahun ini pun kini disimpan di studionya, dan gantinya ia mengumpulkan alat musik elektronik yang berbasis bebunyian atau biasa disebut ‘noise maker’ dan hal tersebut mendasarinya dalam merilis album ke enam yang berjudul FLEX bulan Juni tahun 2018 ini. Dalam video musik ini memainkan komposisi musiknya secara live dengan noise box adalah ekspresi terbaru Tesla Manaf setelah sebelumnya mengeluarkan 6 album dengan instrumen gitar.

Tesla Manaf. dok. pribadi

Diambil dari album terbarunya FLEX, lagu yang berjudul “TK1721” ini mendapatkan judulnya dari nomor penerbangan  yang ia tempuh dari Istanbul ke Berlin ketika ia mengunjungi pusatnya musik noise dan elektronik itu. Angka tersebut sebagai sebuah pengandaian langkah besar Tesla dan drummer Rio Abror mendaki bukit berduri, memainkan musik yang di luar area zona nyaman dan imajinasi mereka.

Konsep video ini terinspirasi dari film Birdman dan 12 Angry Men, yaitu saat Michael Keaton menelusuri gedung dramanya, atau saat seorang juri mempertahankan kebenaran seorang terpidana di 1 ruangan tertutup. Sehingga dipilihlah konsep ‘one take shoot video’ kali ini. Konsep rekaman langsung dengan 1 kamera bukanlah hal yang jarang di luaran sana. Para seniman bunyi menjajakan kepiawaiannya bermusik tanpa proses sunting yang berlebih, agar pendengar dapat terlibat dalam perjalanan musiknya dan mendapat gambaran penampilan langsung mereka seperti apa. Seringkali hal kecil tersebut mampu menjadi tanduk bahwa mereka mempunyai kualitas sempurna di balik album atau di atas panggung.

Kosmetik hadir menjadi warna mencolok dalam video ini, demi menjaga mata pendengar agar tidak terdistraksi dari musik yang kadang masih tidak dianggap wajar. Maka green screen menjadi opsi pertama agar membuat mata penikmat berbinar. Konsep yang dibangun Tesla, menyerahkan seluruhnya tonasi warna akhir hingga kreatifitas visual yang dikerjakan oleh editor Renza JP dan Raden Prayugo Wicaksono. Orang-orang yang bertanggung jawab atas sentuhan unik di video ini.

Silahkan simak video musik live “TK 1721” yang direkam di Tesla Manaf Studio, yang konsepnya dan keseluruhan produksi audionya dikerjakan oleh Tesla. Album Flex sendiri sudah tersedia di seluruh layanan musik streaming digital seperti Spotify. iTunes/Apple Music, dkk.

 

____