Perjalanan Yacko, Tuan Tigabelas, dan DJ Domdom di 3 Negara

Apr 4, 2023

Kurang lebih dua minggu lamanya Yacko, Tuan Tigabelas, serta DJ Domdom menjajal panggung internasional. Mereka tampil di beberapa panggung, yaitu SXSW yang dihelat di Austin, Texas, hingga Babel Music XP yang mengambil tempat di Marseille, Perancis.

Keberangkatan ketiga musisi memiliki landasan kolaborasi dan semangat yang mengiringi setiap langkah mereka. Sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh IM3 Collabonation To The World dan FLAVS dalam mendukung perjalanan ini.

Yacko, Tuan Tigabelas, dan DJ Domdom memulai perjalanan dengan tampil di acara Tiger Den yang diadakan di sebuah bar bernama Cheer Up Charlie’s. Mereka melakukan promosi dengan membagi-bagikan pamflet kepada para pengunjung dalam pertunjukan yang memang banyak menampilkan musisi Asia tersebut.

Promosi konservatif yang sudah jarang dilakukan dewasa ini ternyata berbuah manis. Dengan menyebarkan pamflet, mereka akhirnya bisa berkenalan dengan beberapa pelaku industri kreatif lintas negara, mulai dari sesama rapper, booking agent, hingga media.

Salah satu panggung yang dijajal Yacko bersama Tuan Tigabelas dan DJ Domdom / Dok. Istimewa

“Kita ngundang musisi yang kita kenalan, ketemu beberapa profesional di music industry, sehingga pada saat pertama kali show di Tiger Den, walau kita manggung di jam yang cukup awal, itu yang kita undang, yang kita berikan flyer, ada tuh muncul. Dan they really appreciated musik kita, despite of the language diversity,” kata Yacko dalam siaran pers.

Ketika tampil di acara yang kedua Higher Ground, mereka mendapatkan pengalaman yang berbeda. Kali ini dukungan datang dari ibu-ibu anggota komunitas Indonesia bernama Rumah Budaya Indonesia di Austin, yang memenuhi barisan depan panggung sebagai bentuk nyata dukungan terhadap ketiga musisi.

Tuan Tigabelas mengaku mendapatkan pelajaran penting selama ada di SXSW, dari mulai urusan teknis hingga pembawaan diri. Ia sempat merasa grogi berada di tempat kelahiran musik hip-hop ini. Namun, ternyata penampilan mereka direspons positif oleh penonton di sana.

Beranjak ke benua Eropa, Yacko, Tuan Tigabelas, dan DJ Domdom mengawali perjalanan dengan tampil intim di Platypus Record Shop, Amsterdam, Belanda. Menurut Yacko, beberapa produser musik lokal yang hadir tampak menikmati penampilan mereka dengan mengangguk-angguk kepala.

Tuan Tigabelas di Platypus Record Shop / Dok. Istimewa

Dalam perjalanan dari Amsterdam ke Marseille, ketiga musisi juga sempat mengambil footage untuk videoklip single kolaborasi mereka berjudul “High” yang rilis 2021 lalu. Saat proses syuting berjalan, mereka mendapat pengalaman terjebak suasana demonstrasi di Prancis.

Babel Music XP menjadi tempat terakhir perjalanan Yacko, Tuan Tigabelas, dan DJ Domdom. Mereka didaulat untuk menjadi penampil terakhir yang menutup festival tersebut. Terhitung sekitar lebih dari 400 orang yang memadati area panggung untuk menonton aksi ketiganya di sana.

Babel Music XP, panggung terakhir Yacko bersama Tuan Tigabelas dan DJ Domdom / Dok. Istimewa

Tidak hanya tampil di Babel Music XP, Yacko turut mengisi seminar berjudul Different Viewpoints: Equal Access for All Genres in the Music Industry bersama perempuan-perempuan pelaku industri lainnya.

Dari perjalanan ini Yacko, Tuan Tigabelas, dan DJ Domdom berharap bisa membuka peluang bagi para musisi Indonesia terutama musisi hip-hop yang lain agar mendapatkan kesempatan yang sama dan mengikuti jejak yang dilakukan oleh mereka.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Naif Pilihan Franki Indrasmoro

Akhir Februari lalu, Franki Indrasmoro atau Pepeng resmi merilis single perdana untuk proyek musik solonya. Karya bertajuk “Ceriakan Dunia” tersebut merupakan pembuka untuk beberapa single yang bakal berujung album penuh di akhir tahun ini. …

Eksplorasi Genre Tiderays di Single Heal or Mend

Tiderays asal Semarang resmi merilis single anyar mereka dalam tajuk “Heal or Mend” hari Jumat (29/03) dengan menggaet Vajra Aoki dari Femm Chem sebagai kolaborator. Sebelumnya band sudah pernah merilis album bertajuk 401 tahun …