Pesta Rakyat Dewa 19 di Bandung Lebih Keren dari Jakarta

Mar 8, 2023

Dewa 19 kembali menemui puluhan ribu Baladewa hari Minggu, 5 Maret 2023 di Stadion Siliwangi, Bandung. Antrean panjang masuk ke wilayah stadion yang berlokasi di depan Jalan Lombok menjadi bukti kesuksesan perhelatan 8 jam ini.

Kemeriahan Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 dibuka sederet artis Republik Cinta Management yang dimulai sesuai jadwal sekitar pukul 14.30 WIB. The Virgin yang pertama tampil membawakan lagu macam “Cinta Terlarang” dan “Demi Nama Cinta”.

Ahmad Dhani Electric Band yang dibentuk Ahmad Dhani tahun 2022 ikut berpartisipasi memeriahkan pesta dengan memainkan lagu ciptaan Dhani dengan aransemen yang berkelas.

Ahmad Dhani Electric Band / Dok. MCM Event

Seperti Pesta Rakyat di Jakarta, The Lucky Laki dan Mulan Jameela juga mendapat jatah untuk menghibur Baladewa di Bandung. Namun, tontonan yang lebih menarik aksi dari T.R.I.A.D. Proyek bermusik Dhani yang terbilang jarang manggung ini membawakan sejumlah lagu termasuk “Selir Hati” dan “Munajat Cinta”. 

“Lagu yang paling gampang saya buat”, kata Dhani sebelum membawakan “Kuingin Terus Lama Pacaran Disini (Neng Neng Nong Neng)”.

T.R.I.A.D, proyek lain dari Ahmad Dhani / Dok. MCM

Arogansi yang melekat pada Dhani sebagai musisi fenomenal selalu maklum. Ketika semua orang yang hadir dari berbagai generasi ikut bernyanyi untuk setiap lagu-lagu yang ia ciptakan. Baik yang dipopulerkan Dewa 19 maupun artis-artis Republik Cinta Management.

Penampilan yang juga dinantikan Mahadewi. Mereka mengaku sudah lama tak manggung, namun tetap kompak membawakan nomor seperti “Ayang Ayang Ku”, “Begitu Salah Begitu Benar”, “Satu Satunya Cinta”, dan “Lakukan Dengan Cinta”.

Semua musisi pembuka mendapat sambutan yang meriah. Saatnya tiba Dewa 19 muncul bersama dua vokalis yang kerap menemani aksi mereka, Ello dan Virzha. Keduanya membuka pertunjukan dengan “Angin”, “Cemburu”, dan “I Want To Break Free”.

Duet Ello dan Virzha / Dok. MCM Event

Tak hanya berduet, Ello dan Virzha masing-masing bergantian membawakan lagu-lagu Dewa 19. “Kalau enggak tau lagu ini, bukan Baladewa,” kata Dhani menjelang aksi Ello saat menyanyikan lagu “Aspirasi Putih”.

Virzha yang selalu disebut Ello sudah dianggap seperti adiknya. Ia mendapat giliran bernyanyi untuk lagu “Pangeran Cinta”, “Dewi”, “Lagu Cinta”, “Elang”, dan “Larut”. 

Di tengah konser, Dhani memberikan lagu “Persembahan Dari Surga” buat Ibu Negara Indonesia, Iriana Joko Widodo yang berada di area penonton tribune. Sosok ini menyerupai penggemar setia Dewa 19 karena sebelumnya muncul di Pesta Rakyat Jakarta.

Giliran yang paling dinanti akhirnya naik ke atas panggung. Ari Lasso membuka aksi dengan “Cinta ‘kan Membawamu Kembali” yang hanya diiringi bunyi kibor Dhani, dilanjutkan lagu dari album Terbaik Terbaik yang lain.

Penonton histeris ketika Ari Lasso naik ke panggung / Dok. MCM Event

“Malam indah ini tidak akan terjadi kalau enggak ada Restoe Boemi,” kata Ari. Ia juga menggeber panggung dengan “Cukup Siti Nurbaya” dan “Aku Milikmu”.  

Ari sempat mengatakan, Dewa 19 ulang tahun ke-30 jadi momen yang bersejarah karena ia sembuh dari sakitnya. Selain membawakan lagu solonya “Hampa” spesial untuk Ibu Negara. Di konser malam itu, Ari juga mengenang mantan personel Dewa 19, Erwin Prasetya lewat lagu “Kirana”.  

Pertunjukan Dewa 19 bersama Ari secara keseluruhan ditutup dengan “Kangen” dan “Kamulah Satu-Satunya”, yang kemudian “Separuh Nafas” dibawakan oleh semua vokalis.

Kembang api di penutupan panggung / Dok. Hafiyyan Faza – MCM Event

Kapasitas Stadion Siliwangi memang lebih kecil ketimbang di Jakarta. Tetapi pengalaman menonton Pesta Rakyat Dewa 19 yang dipromotori MCM Live Production ini jauh lebih keren dari mulai daftar lagunya, tata cahaya panggung yang apik ditambah visual menarik, hingga sound yang mumpuni.

Pesta Rakyat Dewa 19 di Bandung dapat dikatakan bisa menebus kekecewaan apa yang tidak didapatkan Baladewa dari pesta yang sebelumnya. Selamat!


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Single Religi Indonesia dengan Streaming Spotify Tertinggi

Single-single religi mulai bertebaran di toko-toko musik digital dan menjadi populer lewat media sosial. Mana single religi yang punya streaming terbanyak?

Sekali Lagi, Cerita Selanjutnya dari Soulvibe

Formasi Soulvibe sendiri kini dihuni oleh Bayu Adiputra Imran (vokal), Ramadhan Handyanto Jiwatama (bas), dan Mohammad Caesar Rizal (drum).