132

Pesta Rindu Komunal

crowdsurfing para fans Komunal / dok. Pohan

Mengingat para personel juga memiliki kesibukan di luar musik, Komunal selalu menjadi penantian bagi penggemarnya. Saya sendiri terakhir menonton mereka dua tahun lalu, tepatnya di Synchronize Festival 2016.

Setelah bertandang ke Pekanbaru dan Bandung, Doddy Hamson cs kembali menggelar pertunjukan dalam De La Show Vol. 2 pada hari Minggu, 11 November 2018 di Eastern Promise, Jakarta.

mari bernyanyi: Komunal di Eastern Promise / dok. Pohan

Pentas Komunal ini juga menampilkan Hentaai dan Hello Benji & The Cobra. “Cheers untuk Komunal,” kata vokalis Hello Benji & The Cobra sambil mengangkat segelas bir. Dua band tersebut bak penghangat menuju pesta moshing.

Hello Benji & The Cobra / dok. Pohan

Penonton semakin merapat ke bibir panggung. Komunal membawakan sekitar dua puluh lagu sesuai janji yang dimulai dengan “Bakar Kibar” dari album Gemuruh Musik Pertiwi.

Menariknya, sebanyak tiga lagu yaitu “Ngarbone”, “Gemuruh Musik Pertiwi”, serta nomor dari album Hitam Semesta berjudul “Budaya Purba” sampai dibawakan dua kali oleh Komunal. Bagi fans Komunal yang terpaksa melewatkan ini karena ujian semoga menyesal dunia akhirat!

Baca juga:  Mocca dan Nasionalisme "Aku & Kamu"