Pop Figur – Ari Renaldi, Sosok Di Balik Tulus dan Mocca

Aug 11, 2017

Ia adalah sosok dibalik karya-karya musik pop diantaranya: Mocca, Tulus, Yura, Vidi Aldiano, Afgan dan Raisa. Kini lebih dikenal sebagai produser, mungkin tak banyak juga yang tahu kalau ia memulai karirnya di musik sebagai seorang drummer session player untuk Project Pop, Glenn Fredly, Rio Febrian dan juga sesekali untuk Tulus.

Menguasai instrumen drum dan piano serta aransemen dan produksi musik tak heran bila gelar produser, penata musik, sound engineer, peramu rekam disandangnya sekaligus. Ia juga tergabung dalam band 4 Peniti serta memiliki dan mengelola studio latihan dan rekaman bernama Aru.

Prestasinya di bidang produksi musik tidak bisa dibilang sedikit. Beberapa kali telah memenangkan penghargaan Anugrah Musik Indonesia (AMI Awards) atas produksi album-album Tulus. Yang terbaru album album Tulus, Monokrom memenangkan penghargaan Album Of The Year 2017 versi Indonesian Choise Awards milik Net.

Simak obrolan Pop Hari Ini dengan pria asal Bandung yang sangat mencintai pekerjaannya ini.


 

Untuk pembaca kami yang mungkin belum pernah mendengar musik kamu, coba deskripsikan musik kamu dalam 5 kata

Mengalir, mencoba, intepretasi, visual, sebisanya

Jika diukur dengan popmeter, berapa persenkah kadar pop pada musik kamu?

75%, semoga tepat karena ini hanya tebakan saya.

Apa arti kata pop bagi kamu?

Saya rasanya tidak dapat menjabarkan secara pasti karena saya pun belum yakin apa arti sebenarnya pop, ada yang mengatakan bahwa pop itu genre musik, tapi saya sendiri belum bisa memilah yang mana yang termasuk genre pop. Atau mungkin musik pop itu musik yang popular dan digandrungi masyarakat pada masanya? Tahun 20an musik pop itu mungkin swing, tahun 60an bisa jadi rock n roll, tahun 70an hendaknya disko, tahun 80an nampaknya new wave dengan nuansa electronik, 90an mungkin RnB, sekarang mungkin EDM.

Hanya satu yang pasti, girlband dan boyband pasti masuk kategori pop.

Apa album musik Indonesia paling pop yang pernah dimiliki dan disukai/mempengaruhi kamu?

Album kompilasi. The Best Of Chrisye.

Apakah ada budaya pop yang menurut kamu paling mempengaruhi kamu sampai hari ini?

Komedi situasi (sitcom) buatan Amerika, Makanan sampah (junk food)

Jika kamu harus membuat soundtrack hidup, lagu apa sajakah yang pasti harus ada di dalamnya?

Lagu-lagu yang ada dalam OST. Forrest Gump.

Hal apa yang pasti selalu bisa membuat kamu dalam good mood?

Cukup istirahat, komedi, dan obrolan yang mencerahkan.

Apakah kamu mengingat film pertama yang pernah kamu tonton dan sangat berpengaruh untuk kamu?

Serial Little House on the Prairie, setidaknya menjelaskan kira-kira usia saya. Eh ini film layar lebar ya? Kalau begitu film Ateng Bikin Pusing deh.

Jika saat ini tidak bermusik, pekerjaan lain apa yang kira-kira akan kamu lakukan?

Belajar menjadi ahli akustik… eh masih dekat dengan permusikan juga ya. Karena selalu menyenangkan bila bisa mendengarkan segala sesuatu baik musik ataupun sekedar suara manusia dengan kondisi sejelas dan seideal mungkin.

Apakah hal yang paling sulit yang harus kamu hadapi dalam pekerjaan kamu? Menyelesaikan pekerjaan kreatif, mengejar tenggat waktu dalam keadaan tidak punya ide.

Apakah hal yang paling kamu sukai dari pekerjaan kamu?

Apabila hasilnya saya juga bisa menikmati dan menjadi playlist sehari-hari. Narsis sih, tapi apa boleh buat. 

Dari semua karya kamu manakah yang paling pop dan kenapa?

Lagu Tulus “Gajah”, karena tidak terbayang bahwa lagu tersebut dianggap ringan dan bisa disukai masyarakat (poin soal no. 3 dari senarai pertanyaan ini). Awalnya diduga, yang akan mendengarkan lagu ini mungkin hanya saya, Tulus, dan Topan (Abimanyu, pengisi gitar lagu Gajah)

Sebutkan 5 musisi Indonesia paling pop saat ini menurut kamu?

Banyak sih, cuman kalau cuman bisa sebut 5 ya…. kayaknya Rizki Febian, Anji, …., ya sudah Raisa, Afgan juga deh. Ya… Tulus kali masuk juga ya hehe.

Menurut kamu apakah artinya menjadi musisi dan produser di saat sekarang ini? Saya Selalu bersyukur bahwa apa yang saya kerjakan ternyata bisa dijadikan sandaran hidup, profesi musisi tidak lagi menjadi karir yang dibenci orangtua, dan produser juga makin dihargai perannya dalam suatu karya. Artinya, waktunya untuk bekerja sebaik-baiknya.

Ketika merasa sedang jatuh, hal apa yang selalu membuat kamu berdiri kembali? Bersyukur dengan kondisi yang ada, masih banyak yang lebih sulit kehidupannya ketimbang saya. Jadi sering bercermin kepada sekitar.

Apakah cita-cita-cita kamu waktu kecil?

Jadi game tester.

Apakah nasihat atau kata-kata yang pernah kamu dengar dan terus diingat sampai hari ini?

Selama kamu masih bernapas, percayalah kamu pasti punya rezeki.

Siapakah sosok perempuan (selain ibumu) yang paling kamu kagumi atau sangat berpengaruh dalam kehidupan kamu (di masa lalu atau saat ini)?

Nenek, orang yang memberi nasihat di poin no 17 di atas. Wanita tradisional, pejuang kehidupan yang sangat taat tapi juga berpikiran terbuka dan menghargai perbedaan.

Menurutmu apa yang diperlukan lebih banyak di dunia musik “hari ini’?

Sikap saling belajar, saling mengapresiasi, terutama antara sesama pelaku di dunia musik.

foto: Davy Linggar

Penulis
Pop Hari Ini

Eksplor konten lain Pophariini

Dead Bachelors ‘Reuni’ di Single Terbarunya

Yang satu ini, bisa dibilang sebagai sebuah kejutan yang menyenangkan bagi duo Narendra Pawaka dan Mario Pratama yang tergabung dalam unit Dead Bachelors.

Saling Menguatkan bersama Nino Kayam

Mengenai “Nikmati Rindunya”, Nino mendedikasikan single terbarunya ini untuk sang ayah yang berpulang di bulan Oktober 2020 lalu.