Pop Figur: Teddy Adhitya

Jul 27, 2017

Mengawali karir sebagai penyanyi latar Andre Hehanusa, sempat membentuk vokal grup Boyz II Boys bersama Kunto Aji, Adera dan Beboy Sevensoul, sempat menjadi vokal untuk band Barry Likumahuwa Project, dan vokalis band funk Blootymama hingga akhirnya memutuskan untuk bersolo karir atas namanya sendiri. 2016 ia berkutat masuk studio untuk rekaman. Dan awal tahun 2017 ini album solonya yang kental nuansa soul dan R&B nya Nothing Is Real dirilis. Sebelumnya single “In Your Wonderland” duluan dirilis dan telah mendapatkan perhatian banyak di Youtube. Sepanjang 2008 sampai 2016 ia mengaku telah mendengarkan dan membawakan berbagai jenis musik yang sesungguhnya bukan dirinya, dan kini dengan album perdananya ia merasa mantap dengan musik soul dan R&B. Album Nothing Is Real kini sudah tersedia dalam bentuk CD dan di seluruh layanan musik streaming digital.

Untuk pembaca kami yang mungkin belum pernah mendengar musik kamu, coba deskripsikan musik kamu dalam 5 kata

Soul, cerita, rasa, perjalanan, healer.

Jika diukur dengan popmeter, berapa persenkah kadar pop pada musik kamu?

hmmm, 75% ? Ya, 72% deh.

Apa arti kata pop bagi kamu?

Pop buat gue adalah sesuatu yang bisa relate sama banyak orang, banyak orang yang merasa dan atau menyukai sesuatu tersebut. Pop itu kultur yang popular dalam sebuah skena (besar/kecil). Pop selalu bergeser dari era ke era mengikuti standar yang terus berevolusi dari waktu ke waktu.

Apa album musik Indonesia paling pop yang pernah dimiliki dan disukai/mempengaruhi kamu?

Marcell – Marcell Siahaan

Apakah ada budaya pop yang menurut kamu paling mempengaruhi kamu sampai hari ini?

Hip-Hop. Film. Street Art.

Jika kamu harus membuat soundtrack hidup, lagu apa sajakah yang pasti harus ada di dalamnya?

Susah ya. Maunya sih lagu gue sendiri. haha. Diluar itu, J Dilla – Strugglin’, N.E.R.D – Provider, D’ Angelo – How Does It Feel and sum Donny Hathaway’s & Bill Withers’s

Hal apa yang pasti selalu bisa membuat kamu dalam good mood?

Coffee, Good Conversation, nyetir sendiri di tol tengah malem, travelling.

Apakah kamu mengingat film pertama yang pernah kamu tonton dan sangat berpengaruh untuk kamu?

Star Trek. A Beautiful Mind (2001)

Jika saat ini kamu tidak berkarya dalam musik, pekerjaan lain apa yang kira-kira akan kamu lakukan?

hmm.. gue akan jadi traveler, jalan-jalan keliling dunia. Naik gunung, free diving. Bikin film. Bikin sesuatu. Apapun itu. Clothing Line, furniture, menulls buku mungkin. Apapun yang berkaitan dengan creating.

Apakah hal yang paling sulit yang harus kamu hadapi dalam pekerjaan kamu?

Waktu. Konsep waktu. Hal yang paling absolut dan ngga bisa dikalahin.

Ketika kamu merasa sedang jatuh, hal apa yang selalu membuat kamu berdiri kembali?

Penasaran. Curiousity level gue sekitar 99.9%. Ketika gue jatuh, gue akan penasaran sama hal yang bikin gue jatuh, penasaran gimana cara ngalahinnya, semangat itu yang selalu jadi senjata gue ketika gue jatuh.

Apakah cita-cita-cita kamu waktu kecil?

Pemain bola pro. haha.. just like any other kids. Oh, dan kata nyokap gue sempet punya cita-cita jadi pekerja kantoran. Bodoh! haha. Dan Drummer.

Apakah hal yang paling kamu sukai dari pekerjaan kamu?

Perasaan ketika bisa berbagi sama banyak orang. Menyentuh orang straight to the heart thru my music. Memberi kesenangan buat orang-orang yang dengerin karya gue. Khususnya ketika berada di atas panggung. Dan gue suka banget di dalem studio.

Apakah nasihat atau kata-kata yang pernah kamu dengar dan terus diingat sampai hari ini?

Fake it til’ you make it. Ketika mendapat pekerjaan apapun gue selalu bilang bisa sebelum belajar tentang pekerjaannya. Gue jadi punya kesempatan untuk belajar sesuatu yang belum pernah gue pelajari sebelumnya.

Siapakah sosok perempuan (selain ibumu) yang paling kamu kagumi atau sangat berpengaruh dalam kehidupan kamu (di masa lalu atau saat ini)?

Nenek gue. She’s a fighter. Ginjalnya diambil sebelah waktu gue baru lahir, menurut dokter dulu dengan ginjal sebelah beliau akan cuma punya waktu beberapa tahun lagi, tapi dengan perjuangan dan keyakinannya beliau masih hidup bahagia sampe sekarang. Ga pernah menyerah sama keadaan apapun.

Menurutmu apa yang diperlukan lebih banyak di dunia musik “hari ini’?

KEJUJURAN DALAM BERKARYA. TITIK.

Penulis
Pop Hari Ini

Eksplor konten lain Pophariini

Dead Bachelors ‘Reuni’ di Single Terbarunya

Yang satu ini, bisa dibilang sebagai sebuah kejutan yang menyenangkan bagi duo Narendra Pawaka dan Mario Pratama yang tergabung dalam unit Dead Bachelors.

Saling Menguatkan bersama Nino Kayam

Mengenai “Nikmati Rindunya”, Nino mendedikasikan single terbarunya ini untuk sang ayah yang berpulang di bulan Oktober 2020 lalu.