Pop Hari Itu: Orkes Kumbang Tjari

Jul 20, 2017

Di kolom baru Pop Hari Itu, kami akan coba merekomendasikan lagu-lagu pop Indonesia dari era lampau yang direkomendasi oleh beberapa kawan kami. Kali ini bersama Ricky Virgana bassis White Shoes and the Couples Company sekaligus pencinta dan kolektor piringan hitam.

Orkes Kumbang Tjari – Kumbang Tjari (rilisan sekitar tahun 1960an) adalah sebuah album yang sangat bagus dalam menampilkan karya-karya musiknya. Bayangkan sebuah musik latin yang bertransformasi menyatu dengan nada-nada pentatonik Minang yang membuatnya menjadi lebih kaya dibandingan musik asli latin itu sendiri. Nuskan Sjarif seorang gitaris lead satu-satunya di orkes ini adalah juga seorang penyanyi, komposer dan arranger yang merupakan pimpinan dari orkes Kumbang Tjari yang menggubah lagu-lagu di dalam LP rekaman ini menjadi indah, beda dan menyegarkan.

Simak lagu “Taratak Tingga”, “Kumbang Djanti”, “Langkisau” yang berirama cha-cha hustle bercampur rasa psychedelic dengan masuknya vokal Elly Kasim’ dalam dialek Minang disusul suara vokal latar yang tertata sungguh sebuah kemampuan musik yang sangat melampaui zaman bermusik saat itu. Jarang rasanya saya mendengar sebuah musik latin dengan gaya bermain gitar ala surf rock, sepertinya Nuskan Sjarif sukses menggabungkan beberapa gaya musik menjadi satu dalam Orkes Kumbang Tjari.

Orkes Kumbang Tjari. Sisi A 04: Nuskan Sjarif – Mak Tatji

 

Orkes Kumbang Tjari. Sisi B 05: Nuskan Sjarif – Langkisau

 

Seperti para pecinta musik di era itu (1960) sudah tidak asing dengan Orkes Minang, karena sebelum hadirnya Orkes Kumbang Tjari kala itu sudah ada Orkes Gumarang dan Orkes Teruna Ria (bersama Oslan Hussein) yang sangat terkenal di Indonesia dalam membawakan lagu-lagu Minang.

Buat para pecinta piringan hitam tanah air album ini masuk dalam kategori sangat sulit didapatkan, kalaupun mendapatkan album ini bisa dengan harga yang selangit atau dengan kondisi kover yang sudah rusak. Kebetulan saya mendapatkan album ini dengan kondisi prima, piringan hitam yang mulus dengan kondisi sampul album yang masih bersih. Saya mendapatkan piringan hitam ini dari seorang teman yang menghampiri sebuah toko musik yang telah tutup selama puluhan tahun di Semarang.

Penulis
Ricky Virgana
Ricky Virgana selain bermain bass untuk Whiteshoes and the Couples Company juga bermain cello musik klasik di Weltevreden trio dan mengajar musik privat serta kolektor piringan hitam . Selain punya hobi travelling dan sering dituangkan di blognya, ia juga hobi diving. Saat ini ia sedang menyelesaikan buku pertamanya.

Eksplor konten lain Pophariini

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.

Tribut Down For Life untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Kabarnya, masih akan ada beberapa materi lagi dari Down For Life di tahun 2022 dan juga sebuah album terbaru. Patut untuk ditunggu!