Potret Hak Asasi Lewat Single Gascoigne, “King”

Aug 11, 2018

Sangat menarik membicarakan soal tema lagu yang bernas, apalagi jika itu dilantunkan dari band indie rock yang biasanya (well, tidak semuanya sih) melantunkan tema-tema lagu seputar tema-tema datar dan senang-senang di gigs, cenderung tidak peka dan peduli atau kadang, alienasi.

Gascoigne, band indie-rock asal Jakarta baru saja merilis “King”, single pertama dari album yang nantinya akan dirilis oleh Anoa Records. Single ini bisa didengarkan melalui berbagai platform streaming digital populer seperti Spotify, Itunes, Bandcamp, dan Soundcloud.

Yang menarik dari “King” adalah bahwa lirik lagu ini berbeda. Ini bukan sekadar raja dalam arti sebenarnya, melainkan tentang tokoh dan aktivis hak asasi persamaan hak asal Amerika yang meninggal pada 1968 karena ditembak.

Entah apa alasan Alvi Ifthikhar (Vokal, gitar) menulis “King” dan memainkannya bersama Dimaz Hafizhan (Bas) dan Zaka Sandra Novian (Drum). Mendengar musik dan menyimak liriknya akan sangat disarankan.

“King” adalah rilisan baru Gascoigne semenjak merilis mini album Fagen Ain’t Fakin‘ pada Maret 2017. Saat ini, band yang berdiri sejak 2016 ini sedang berada dalam proses penggarapan album yang telah dimulai semenjak awal 2018. Can’t wait for the new debut album.

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.

Eksplor konten lain Pophariini

Wawancara Arswandaru ALI: Tur Eropa dan Permintaan Global

“Kami berusaha untuk tidak ‘yang penting main aja di luar negeri’, tanpa mendiskreditkan venue mana pun di luar negeri,” ujar Arswandaru, basis ALI.

Mister Nobody Memperkenalkan Sosok Kapita di Single Baru

Setelah merilis single “Dreams” tahun 2023 lalu, Arfan Chalid Rabrusun atau dikenal dengan nama panggung Mister Nobody resmi menghadirkan videoklip single anyar “Kapita” via kanal YouTube hari Jumat (24/05).     Kapita adalah gelar …