“Pulang Ke Pamulang”, Cara Endah N Rhesa Memaknai Pandemi

214
Endah N Rhesa
Endah N Rhesa merilis single baru, tribute buat kota tercinta

Semua musisi punya hikmah tersendiri dari Pandemi ini, beberapa mengekspresikan dengan berbagai lagu, kegiatan positif dan lain sebagainya. Endah N Rhesa memaknai situasi buruk yang sudah berjalan sepanjang tahun ini dengan menulis lagu yang bercerita tentang pulang. Tajuknya unik “Pulang Ke Pamulang”.

Endah N Rhesa merilis lagu ini di awal bulan Oktober 2020. Di lagu ini, Endah N Rhesa memaknai hikmah dari pandemi yang berjalan hampir sepanjang tahun ini dengan kembali ‘pulang’, mendoakan yang terbaik untuk orang-orang yang disayang, mengingat kembali keindahan dan hal-hal yang dirindukan dari tempat yang berarti bagi kehidupan.

Bagi kalian yang belum kenal daerah Pamulang seperti yang diceritakan pada lagu ini, Pamulang adalah sebuah wilayah kecamatan yang terletak di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Pamulang merupakan wilayah suburban yang terletak di bagian selatan Jakarta di mana banyak dari penduduknya bekerja di Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Terlepas dari ‘rumah’ dari Endah N Rhesa, Pamulang sendiri menurut kami sudah enjadi seperti skena musik yang solid, di dalamnya ada Earhouse, rumah musik dan kreativitas yang kerap menampung beberapa musisi potensial di sekitar.

“Selalu beri arti pulang. Kawanku t’lah tumbuh seribu. Doaku akan selalu pulang ke Pamulang”, demikian potongan lirik lagu “Pulang ke Pamulang”.

“Memaknai lagu ‘Pulang ke Pamulang’ maknanya bukan semata-mata tentang tempatnya atau lokasinya, tetapi doa yang dikirimkan untuk Pamulang. Ya, doanya yang sampai ke sana. Ini pun lokasinya mungkin bisa dimana-mana, hanya yang utama adalah doa yang kita kirimkan ke tempat atau orang-orang yang kita sayangi.”, ujar Rhesa. “Ada rasa haru saat menggarap lagu ini. Mungkin kami masih beruntung bisa pulang ke rumah, sedangkan di sisi lain ada orang-orang yang mau pulang saja susah. Di situasi begini saat berbagai usaha telah dilakukan sepertinya doa memang dirasa paling tepat untuk bisa menenteramkan batin.”, ujar Endah.

“Pulang ke Pamulang” sudah bisa dinikmati melalui layanan musik streaming digital, video ditayangkan 5 Oktober di kanal Youtube Endah N Rhesa. Diproduseri sendiri oleh mereka, lagu ini disajikan untuk menenangkan dan menghibur hati di tengah riuh rendah pandemi dan berita Pilkada yang penuh kontroversi.

____

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] hanya yang utama adalah doa yang kita kirimkan ke tempat atau orang-orang yang kita sayangi,” ujar Rhesa yang semasa kecil hingga dewasa bermukim di Pamulang. Doa dan harapan ini disampaikan melalui lagu […]