Raisa Ungkap Album It’s Personal dan YourRaisa

Jun 9, 2021

Di hari ulang tahun yang ke- 31 tanggal 6 Juni 2021, Raisa memperkenalkan materi terbaru It’s Personal. Ini akan menjadi nama bagi album penuhnya dengan materi awal berisi lima lagu yang terdiri dari tiga single yang sudah dirilis, serta dua lagu baru “Love & Let Go” dan “Jangan Cepat Berlalu”.

 

Walau semua lagu terbilang personal. Dalam sesi wawancara khusus bersama rekan-rekan media via Zoom, Raisa mengaku yang paling personal lagu “Jangan Cepat Berlalu”. Lagu ini ditujukan untuk anak, dan menggambarkan kisah cinta kepada orang tuanya.

Tak terasa perjalanan karier bermusik Raisa sudah melewati angka satu dekade. Ia terakhir mengeluarkan album penuh Handmade (2016). Sempat cuti dari gelanggang permusikan, dan melahirkan anak pertama dua tahun lalu. Raisa makin bersemangat untuk mempersiapkan album penuhnya.

Selama berkarier, Raisa merasa tidak ada yang berubah dari pribadinya. “Mungkin kalau dari kacamata orang luar, apa ya. Bisa ngeliat perbedaannya tuh lebih, ya maksudnya lebih keliatan gitu ya perbedaannya. Cuma kalau diri aku sendiri sih aku ngerasa ya aku benar-benar masih sama kayak dulu. Aku masih Raisa yang sama. Yang memang berusaha belajar saja gitu,” kata Raisa kepada Pophariini.

Raisa merasa sangat beruntung memiliki basis penggemar yang memiliki karakter yang hampir seperti dirinya, “Mereka tuh nggak macam-macam, bukan tipe yang agresif atau pun yang kayak heboh banget. Tapi, mereka juga selalu mendukung aku untuk aku jadi diriku sendiri. Jadi, aku kalau berkarya nggak pernah takut untuk ngeluarin sesuatu yang, ‘Aduh, nanti fans gue suka nggak ya? Mereka ngerti nggak ya kalau sekarang gue tuh lagi kayak begini? Trus kalau misalnya aku ngeluarin ini, kira-kira mereka bisa nerima nggak ya?’. Kayak aku jarang banget ada pemikiran kayak gitu.”

“Dan kalau pun aku punya pemikiran kayak gitu. Itu adalah pemikiran bukan tentang fans aku, tapi tentang orang-orang yang lebih luas. Itu salah satu hal yang paling aku syukurin dari dulu sampai sekarang tuh adalah YourRaisa (sebutan bagi penggemar Raisa, red) yang benar-benar loyal dan apa ya, mendukungnya tuh memang seolah-olah mereka kenal aku. Mendukungnya dengan cara yang aku memang pengin didukungnya seperti itu. Jadi yang dari dulu sampai sekarang paling konstan itu adalah support- nya mereka.”

Eksistensi Raisa sampai hari ini juga tak lepas dari dukungan timnya. Ia tak menutup mata untuk berpartisipasi mengikuti perkembangan konten seperti TikTok tanpa harus mengubah cara bermusiknya. Bahkan, tangga lagu yang bisa menjadi barometer kesuksesan di layanan musik streaming bukan suatu kekhawatiran.

“Aku ngerasa hal yang bisa aku lakukan untuk menjaga eksistensi adalah menjadi diriku sendiri karena kalau aku berusaha jadi orang lain. Ada banyak banget orang lain itu yang setiap minggunya juga ada yang baru. Tapi kalau Raisa ya cuma ada satu. Aku cuma ada satu dan yang terbaik untuk jadi diriku tuh ya aku sendiri,” tutupnya.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

20 Tahun Album Padi, “Sesuatu Yang Tertunda”

Di umurnya yang sudah dua dekade, Sesuatu Yang Tertunda milik Padi masih tetap menjadi sesuatu yang indah.

16 Pertanyaan: Rasya

Kemunculan Rasya yang menyita perhatian saat ia membawakan lagu cover “Don’t Look Back in Anger” milik Oasis di Instagram @generasi90an.