127

Resensi Buku Flip Da Skrip – Herry Sutresna

Buku kedua Herry “Ucok Homicide” Sutresna terbitan Elevation Book.

Penulis: Herry Sutresna
Buku: Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd Selama Satu Dekade
Penerbit: Elevation Book
Tahun: 2018
Ranking Indonesia: 8.0/10

 

Kita ada di era saat kita bisa pasrah diri pada apa yang mau kita dengar kepada sebuah aplikasi musik. Sekarang ketika ingin mendengar musik kita tinggal buka aplikasi, dan tinggal menyerahkan telinga kita pada playlist lagu paling populer seorang musisi, ataupun playlist kompilasi dengan tema tertentu di layanan musik digital streaming.

Kira-kira isi buku ini kurang lebih sama. Dengan melahap buku ini kita bisa memasrahkan telinga kita untuk dicekoki musik hip hop terbaik yang dipilih dengan sangat teliti oleh sang penulis, Herry Sutresna yang dikenal juga dengan nama Ucok “Homicide”. Ucok ini adalah satu dedengkot senior hip hop lokal di Bandung dengan bendera Homicide. Yang sangat berpengaruh dan banyak bergerak di bawah tanah Bandung circa akhir 90an-2010an. Namun meskipun Homicide sendiri sudah membubarkan diri, namun Ucok terbilang sangat rajin mengeluarkan berbagai rilisan ulang dan gimmick Homicide hingga kini 10 tahun kemudian.

Baca juga:  Resensi: Sisitipsi - Minta Lagi
Herry “Ucok” Sutresna. Foto: Morrie and Oslo

Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd Selama Satu Dekade ini adalah buku kedua Ucok di bawah terbitan Elevation Book. Sebelumnya ia merilis Setelah Boombox Usai Menyalak (2016) yang berisi tentang kumpulan tulisannya. Sementara itu Ucok juga rajin menerbitkan zine. Yaitu majalah media cetak alternatif yang biasanya diterbitkan secara personal atau kelompok kecil dan direproduksi dengan cara fotokopi. Dari beberapa zine salah satu yang paling penting adalah zine Uprock’83, selain dibuatkan websitenya sendiri di http://uprock83.com, banyak tulisan Ucok di zine Uprock’83 ini yang kemudian masuk ke dalam buku ini.

Buat hip hop head sejati yang gemar eksplorasi album hip hop buku ini sudah pasti menarik, namun bagi pendengar musik hip hop yang tidak terlalu dalam seperti saya buku ini tetap sangat menarik. Karena penyajian serta layout-nya. Terbagi dari 10 bab yang dibagi perdekade, lalu dengan esai pendek yang jadi pemisah di antara tiap bab yang membahas tentang kultur hip hop, plus ditambah mixtape yang bisa kita dengarkan secara online.

Baca juga:  Resensi : Grrrl Gang - Not Sad, Not Fulfilled

Di antara rekomendasi album hip hop terbaik per dekade, sisipan esai-esai pendek tentang kultur hip hop di sela-sela rentang tahun adalah jeda yang menyenangkan. Kita selalu punya pilihan untuk membaca apa yang ada di kepala Ucok tentang area hip hop. Atau juga ‘curang’ dengan memilih cuma membaca 5 atau 3 besar album-album terbaik dari 10 yang ia tulis untuk kemudian kita mencari albumnya di internet.

Buku Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd ini baik dibaca dengan koneksi internet dan speaker yang baik, atau headphone yang bagus. Karena setelah membaca kita akan menemukan puluhan nama-nama besar di dunia hip hop dari era kelahirannya hingga tahun kemarin yang layak untuk dicari di googling. Meskipun sayangnya kita tidak akan menemukan secuilpun tulisan tentang hip hop lokal di sini.

Baca juga:  Ucok Homicide Terbitkan Catatan 10 Tahun Hip Hop

 

____