392

Resensi: Jason Ranti – Sekilas Info

Artist: Jason Ranti
Album: Sekilas Info
Label: Demajors
Peringkat Indonesia: 7.5/10

Yang menarik dari gagasan sebuah album folk adalah selalu hanya soalan tema yang dibawa dari album ke album, tak ada bisa yang dikritisi dari musiknya. Ya, mungkin perkecualian untuk Dylan ketika ia mulai ‘goin’ electric’ di Highway 61 Revisited, ada pro-kontra di sana yang justru membuat album ini menarik. Saya pun tak tahu apa yang bakal terjadi ketika Dylan tetap menjalankan formasi vokal – gitar – harmonika dari dulu sampai sekarang. Membosankan? Belum tentu.

Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja. Iwan Fals? Mungkin. Ada yang tertarik dengan sosok Fals versi ‘Fales’ yang akustik, sementara ada yang lebih menganggumi era SWAMI atau Kantata Takwa misalnya. Tapi bagi saya, semuanya sih saya masuk, dari Canda dalam Nada sampai SWAMI 2. Antara Fales-akustik: lirik kritis, celotehan humor satir menyentil sampai SWAMI: puisi-puisi menohok, musik rock teatrikal. Semua aman.

Baca juga:  Resensi: Murphy Radio - Murphy Radio

Itulah mengapa menurut saya bahwa Sekilas Info terdengar baik-baik saja dan tak ada yang perlu dikritisi selain bahwa ini adalah perjalanan Jeje yang kita belum tahu bakal seperti apa lika-likunya.