283

Resensi: Kelompok Penerbang Roket – Galaksi Palapa

Sebuah set rekaman berkonsep terkemas dalam mini album, jembatan untuk sesuatu yang mengejutkan.

Artis: Kelompok Penerbang Roket
Album: Galaksi Palapa
Label: Berita Angkasa
Rangking Indonesia: 8/10

Selalu ada alasan bagi band untuk membuat karya musik. Seperti album misalnya. Ada album yang hanya berisi kumpulan lagu yang saling berdiri sendiri, atau dalam berbagai kasus adalah album konsep, yang dikonsep sedemikian rupa hingga semua lagu menjadi satu kesatuan yang mendukung dan tak terpisah satu sama lain.

Dalam kasus Galaksi Palapa milik Kelompok Penerbang Roket (KPR), karya rekaman mereka masuk yang nomor dua, sebuah konsep album, hanya ini dikemas dalam format mini album. Mereka menggambar visual-visual khusus yang menarik seperti planet merah antah berantah, pesawat antariksa dan lain sebagainya dengan motif mengajak pemirsanya merasakan lebih jauh masuk ke dalam apa yang mereka ceritakan di album ini.

Baca juga:  Resensi: Murphy Radio - Murphy Radio

Menikmati mini album dari genre apapun itu memang tak seasyik dan seintens album penuh. Selalu ada efek ‘kentang’ soal durasi dan banyaknya lagu. Meskipun ada kasus ketika menikmati debut rekaman King Crimson, In The Court Of The Crimson King (An Observation By King Crimson), lima track berdurasi panjang yang ada di dalamnya sendiri saja sudah layak disebut sebagai album, jadi menikmati album dengan intens menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan.