Ribuan Lagu Meriahkan AMI Awards 2018

Aug 10, 2018

AMI Awards 2018 sebentar lagi digelar. Tahun ini, hampir dua ribu lagu berlomba untuk mendapatkan tempat terbaik di ajang penghargaan musik bergengsi tanah air ini.

“Detilnya, ada 1917 lagu beragam genre, naik 90 % dari jumlah lagu yang dikirim tahun lalu yaitu sebesar 1071 lagu,” kata Noorcahyo Irianto Istyabudi dari Anugerah Musik Indonesia/AMI Awards kepada PHI, Selasa (31/7) lalu di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Hari itu, PHI sedang menyaksikan proses sidang kategorisasi tahap dua. Ada puluhan juri yang berasal dari mereka yang ada di industri musik dan pengamat musik dengan cermat mengategorisasikan lagu-lagu yang masuk ke dalam genrenya masing-masing.

“Ini adalah sidang kedua, yang pertama sudah tanggal 26 Juli untuk dangdutm keroncong dan bahasa daerah dan hari ini dan besok atau lusa sampai pop, jazz, rock dan lainnya,” tambah Cahyo.

Sekadar tambahan, sidang kedua ini digelar sampai tanggal 2 Agustus 2018 kemarin. Terjadi argumen dari masing-masing juri yang terdiri dari DJ Riri, Penyanyi jazz Syaharani, pengamat musik David Tarigan, Budy Ace dan Mudya Mustamin, rapper J-Flow, dll nampak terhadap lagu yang akan dikategorikan dalam genrenya. Namun menurut Cahyo, dinamika ini adalah proses yang wajar karena memang butuh kecermatan dan kehati-hatian agar tidak keliru nantinya.

Kilas balik, proses pendaftaran lagu sendiri sudah dimulai sejak April sampai Juli 2018 kemarin. Adapun syarat yang diberikan oleh AMI kepada rekaman lagu yang disubmit, salah satunya haruslah memenuhi periode 1 Juli 2017 – 30 Juni 2018. Sebelum dan sesudah periode tersebut, rekaman itu dianggap tidak memenuhi syarat.

Setelah sidang kategorisasi selesai, Cahyo menjelaskan nantinya akan dilakukan voting online tertutup oleh member AMI yang berjumlah 1200 orang dari orang yang bersinggungan langsung dengan industri musik dan tersebar di seluruh Indonesia.

Dari voting yang digelar selama 2 minggu, nantinya akan dihasilkan nominasi-nominasi yang nantikan akan disaring lagi untuk ditentukan siapa pemenang yang akan diumumkan pada malam AMI Awards2018 pada 26 September mendatang.

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat dua album.

Eksplor konten lain Pophariini

16 Pertanyaan: Mezzaluna

Mezzaluna tak main-main berkarier di musik. Bukan sekadar untuk menjadi terkenal. Kami mencoba untuk mengenal Mezzaluna lewat rubrik 16 Pertanyaan.

V/A – Eiger Music For Adventure

Eiger, produsen produk rekreasi outdoor merilis box set eksklusif Music For Adventure terdiri dari CD, DVD, kaus, masker, peralatan makan sampai bibit tanaman.