Setelah Rilis Teaser Film Gundala, Joko Anwar Umumkan Shootingnya Selesai

Nov 4, 2018

Setelah setahun ini beberapa kali membocorkan proyek film terbarunya Gundala via akun medsosnya termasuk trailer filmnya, Sabtu kemarin (4/11/2018) sutradara Joko Anwar mengumumkan kalau proses shooting film superhero Indonesia itu telah selesai.

https://www.instagram.com/p/BprjB8djC1f/?utm_source=ig_web_copy_link

Proyek terbaru Joko ini adalah film superhero lawas Indonesia yang diangkat dari komik legendaris Indonesia. Sebelumnya di tengah November Joko merilis poster teaser dan lalu teaser trailer resminyaJoko sendiri pertama kali tentang ini di awal tahun 2019,  tepatnya pada bulan April melalui akun medsosnya juga

https://www.instagram.com/p/BhJJ1JpHTgH/

Film Gundala lengkap dengan para pemainnya ini kemudian diperkenalkan secara resmi di ajang temu para penggemar komik, film dan budaya populer, “Indonesia Comic Con” 28 Oktober kemarin. Pemeran itu adalah Abimanya Aryasatya sebagai Sancaka/Gundala, didukung oleh pemerannya lainnya yaitu Rio Dewanto dan Tara Basro.

Gundala sendiri merupakan karakter pahlawan super dari komik yang dibuat oleh Hasmi di tahun 1969 berjudul “Gundala Putera Petir”. Gundala menjadi populer karena dibuat versi film layar lebarnya, dengan judul sama “Gundala Putera Petir” di tahun 1981 oleh sutradara Lilik Sudjio.

Memfilmkan kembali karya yang pernah sukses di era 60an dan 80an di Indonesia menjadi tantangan tersendiri Joko Anwar. Seperti yang dikutip layar.id, saat konferensi pers, Joko Anwar mengatakan, “Sensibilitasnya harus cocok dengan masyarakat zaman sekarang. Karena kalau kita plek ketiplek dari zaman dulu enggak bisa, harus di-upgrade.” Ia pun melanjutkan, “Itu juga yang saya lakukan di film saya sebelumnya seperti Pengabdi Setan. Sehingga penonton zaman sekarang bisa nyambung dengan ceritanya.”

Selain sebagai sutradara, Joko Anwar juga terlibat dalam pembuatan skenario. Dan ia juga mengungkapkan menghadapi kesulitan yang tinggi daripada film-film sebelumnya. “Sangat susah sampai nulis harus dalam kondisi sangat tenang. Kalau enggak di meseum saya nulis di kuburan. Setelah empat bulan akhirnya skenario Gundala selesai.”

Sutradara Joko Anwar juga mengatakan bahwa film Gundala tidak akan berdiri sendiri. Akan ada universe atau semesta Gundala. “Film ini akan menjadi pintu untuk jagoan-jagoan lainnya. Yang nge-fan dan familiar dengan Gundala, akan ada banyak karakter,” kata Joko.

Buat yang belum sempat melihat trailer resmi film bisa dilihat di bawah ini.

 

____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.

Eksplor konten lain Pophariini

Siniar Pop – Delpi Suhariyanto

Setelah membuka musim ke-2 dengan perbincangan bersama Ardhito Pramono, kini Siniar Pop kembali hadir dengan bintang tamu Delpi Suhariyanto dari Dongker. Masih dipandu oleh Denboi, Siniar Pop bersama Delpi tidak banyak membahas perihal musik …

Loutspell Mengaku Lebih Eksploratif di Album Kedua Watch The Fear

Berjarak 4 tahun dari perilisan album perdana Burning Last, band hardcore punk asal Bandung bernama Loutspell resmi meluncurkan yang terbaru berjudul Watch The Fear dalam format kaset pita tanggal 7 Juni 2024 dan menyusul …