133

Ruang-ruang Tashoora

album ruang dari Tashoora

Tidak banyak cerita tentang penistaan agama, LGBTQ dan tema-tema sosial sejenis dalam sebuah album musik. Mungkin album Ruang dari band asal Yogyakarta, Tashoora adalah satu dari kumpulannya yang sedikit.

Album Ruang yang dirilis berisi total lima lagu seperti “Tatap”, “Terang”, “Ruang”, “Sabda”, dan “Nista”. Tashoora banyak bercerita tentang situasi sosial yang banyak terjadi di Yogyakarta.

Cerita yang dihidangkan di album ini antara lain tentang kasus penistaan agama, isu LGBTQ, isu agama yang kerap dimanfaatkan oleh para penguasa, hingga cerita tentang masih adanya kebijakan pemerintah Yogyakarta yang menggunakan label pribumi dan non-pribumi.

Single yang dijagokan dalam album ini “Sabda”. Lagu tercipta berawal dari Danang yang mendapati ada label pribumi dan non-pribumi di salah satu kebijakan pemerintah daerah Yogyakarta.

Baca juga:  Pesan di Balik Awan Adhitia Sofyan

Band yang dihuni Danang (vokal/gitar), Dita (akordeon/keyboard/vokal), Gusti (bass/vokal), Sasi (gitar/vokal), Danu (biola/vokal), dan Mahesa (drum) mengaku tenang menikmati proses selama membuat lagu.

Tashoora dari Yogyakarta.

Ada kisah menarik dari penggarapan album ini. Ini adalah hasil rekaman dari private showcase ‘Ruang Pertama Tatap Muka’ yang berlangsung Oktober 2018 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Yogyakarta.

“Awalnya kami mau merekam mini album ini secara live di studio, mengundang 15-20 orang untuk menyaksikan prosesnya, tapi setelah kami bicarakan dengan tim produksi Tashoora, idenya justru berkembang,” kata Gusti dalam siaran pers.

“Alih-alih meringkuk di studio rekaman, kami ingin menikmati proses rekam suara bercampur panas peluh keringat manusia, mencoba untuk menukar dinding ruang biasa dengan tatap muka,” tambah Danang.

Baca juga:  Rilis Video Klip, Sound Of Karma Merasa "Terilusi"

Ruang dirilis di bawah label Degup Detak Records bekerja sama dengan Juni Records dan Nadarama Recording. Album ini sudah tersedia dalam format CD dan bisa didengarkan melalui layanan musik digital. Mereka juga bakal meluncurkan video pertunjukan langsung secara bertahap via kanal YouTube Tashoora.