ruangrupa Terpilih Menjadi Kurator Documenta Ke 15

Feb 23, 2019

Documenta adalah pameran seni rupa kontemporer 5 tahunan terbesar di dunia yang diadakan di Jerman yang diadakan selama 100 hari. Pertama kalinya diadakan di tahun 1955 dengan skalanya yang besar dan berselang 5 tahun hingga kini membuat  Documenta menjadi salah satu momen terpenting yang ditunggu-tunggu di dalam dunia seni rupa. Documenta beberapa kali juga telah berhasil menetapkan standar-standar baru untuk dunia seni rupa kontemporer, dan jadi acuan bagaimana dinamika seni rupa kontemporer akan berkembang pada masa depan.

Pameran Documenta13 di Jerman. Foto: Wikipedia

Kolektif seni rupa asal Jakarta, ruangrupa terpilih menjadi kurator pameran Documenta yang ke 15, pada tahun 2022 mendatang. Dikutip dari situs nytimes.com: ruangrupa akan menjadi kurator dari Asia yang pertama untuk salah satu acara terpenting dengan peserta seniman paling high-profiles dari seluruh dunia. Sebagai kolektif seni rupa yang terdiri dari 10 seniman, ruangrupa juga menjadi kolektif grup seniman pertama -bukannya kurator seni rupa- yang dipilih untuk menyelenggarakan pameran trendsetter seni rupa kontemporer ke 15 pada Juni – September 2022 nanti.

Seniman Llyn Foulkes di documenta 13. Foto: https://documentla.com

Kolektif ruangrupa sendiri yang terdiri dari lintas bidang seniman, musisi dan kurator muda ini dikenal sering bekerja dengan grup-grup komunitas kota, dan akan membawa pendekatan yang sama untuk pameran Documenta 15. Dalam rilis persnya, ruangrupa akan membawa tema kolonialisme, kapitalisme dan struktur patriarki.

Dikutip dari laman resminya, ruangrupa adalah organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Sebagai organisasi nirlaba, ruangrupa bergiat mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal online.

ruangrupa juga mempunyai subdivisi yang memberi perhatian khusus pada musik, terutama musik independen seperti divisi Rururadio, radio online yang sering mengadakan berbagai acara dan kegiatan musik, RURUshop yang menjual merchandise musik dan seniman, serta festival musik tahunan RRREC Fest yang menampilkan dan mempertemukan berbagai kelompok seniman, komunitas, musisi serta penyelenggara acara musik dari berbagai negara dalam sebuah festival musik.

Sekali lagi selamat untuk ruangrupa!

____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.

Eksplor konten lain Pophariini

Holy City Rollers Bocorkan Single Baru “Blister”. Dengarkan Perdana di Sini

Holy City Rollers (HCR), akan merilis lagu terbaru mereka yang berjudul “Blister”. Pophariini beruntung mendapatkan ijin buat kasih denger duluan.

Single Comeback Fatin “Dalam Teduh”

Fatin Shidqia Lubis atau dikenal dengan nama panggung Fatin meluncurkan single terbaru berjudul “Dalam Teduh” akhir September lalu.