Rub of Rub Rilis Video Musik Berkonsep Animasi Pada Lagu “Lepas”

• Dec 29, 2019

Kuartet reggae-dub asal kota kembang Rub of Rub (ROR), baru saja merilis video klip terbaru mereka bertajuk “Lepas” dengan konsep full animasi pada hari Jumat, 20 Desember 2019, di kanal Youtube ROR. Salah satu lagu dalam EP Ruang Waktu yang dirilis Lamunai Records, April 2018 dalam format kaset pita. Proses pengerjaan video musik ini bekerjasama dengan Bambang Trisunun a.k.a Bebe, salah satu seniman kota Bandung.

“Lepas” adalah sebuah video animasi sureal penuh warna dengan muatan budaya populer yang melekat pada setiap scene nya, mulai dari Eduard Much, Beat Generation, Dante Zaballa, Spongebob, Sesame Street, Dragon Ball dsb. Menjadikan video ini sebuah karya gambar gerak yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Konsep kebebasan – merdeka secara berkarya merupakan ide awal pengerjaan video ini, berawal dari ketertarikan akan musik yang dimainkan oleh ROR, Bebe berinisiasi untuk merefleksikan lagu “Lepas” ke dalam bentuk seni visual, ilustrasi yang dikerjakan selama 8 bulan ini menghabiskan kurang lebih 700 lembar halaman untuk sketsa gambar nya.

Bebe menuturkan “Lagu itu menggambarkan tongkrongan anak muda yang merdeka, gelisah, liar, ugal-ugalan, tapi tetep santuy! Perspektif apapun bakal muncul setiap lagu nya dimainkan ulang, jadi apapun yang terlintas dan terekam saya tuangkan ke dalam kertas”

“Lepas” adalah nomor andalan ROR yang selalu ditunggu oleh pendengarnya, lagu yang bercerita tentang “cerita” ini dibalut dengan tradisi irama musik reggae dub, progresi yang tidak biasa, bebunyian psikedelia dan petikan gitar ala Lewis Allan Reed, yang menimbulkan ketagihan untuk mendengarkan lagi dan lagi. “Lepas”, lagu yang sangat ringan, bikinnya ngalir aja nggak dikonsep bakal jadi gimana, sejadi dan seenaknya aja” tutur Rizwan, gitaris dan vokal utama.

Untuk memperluas informasi dan berbagi certia tentang video musik “Lepas”, ROR dan Bebe berencana menghelat showcase di beberapa titik di pulau Jawa, pada awal tahun 2020. Nantikan saja.

____

Penulis
Jonathan
Cuma sok tahu tentang musik. Suka foto-foto stage juga.

Eksplor konten lain Pophariini

Resensi: Sunwich – Storage

jika anda penyuka katalog gelombang baru band indiepop vokalis perempuan, anda harus memberikan Sunwich kesempatan untuk dipasang kencang-kencang.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Laleilmanino

Selamat datang di edisi perdana Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya masing-masing di …