165

Sah, RUU Permusikan Resmi Dibatalkan

dok.tolakruupermusikan.com

Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan resmi dibatalkan. Tepat pada pukul lima sore tadi, RUU Permusikan telah ditarik dari daftar Prolegnas RUU Prioritas 2019. Berita ini diumumkan oleh akun twitter resmi Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan (KNTL RUUP).

Lewat hashtag mereka menjelaskan kronologis perihal kabar ini. Sontak saja, kabar berita ini disambut baik oleh beragam musisi dan pihak yang memang mendukung pembatalan RUU Permusikan, dari vokalis Seringai, Arian 13 dan Endah Widiastuti dari Endah N Rhesa.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa pada tanggal 17 Juni ini, DPR RI akan menggelar rapat Badan Legislasi (baleg) evaluasi Prolegnas dan RUU Permusikan masuk dalam materi yang dibahas.

Baca juga:  Minggu Sore ini RECORD STORE DAY PONTIANAK 2019

Rapat Baleg ini sendiri adalah Rapat Badan Legistalsi dalam rangka penyusunan RUU. Rapat dini digelar 17 sampai 21 Juni 2019 dengan agenda besar laporan progres penyususan NA dan draft berbagai RUU serta pembahasan evaluasi dan perubahan Prolegnas RUU Prioritas tahun 2019.

Sebelumnya RUU Permusikan sendiri masuk ke dalam daftar yang diprioritaskan. Itu sebabnya RUU ini langsung menjadi polemik di kalangan musisi sendiri karena dibuat sangat mendadak, tanpa ada keterlibatan dari para pelaku dunia musik. Hingga langsung muncul sikap penolakan dari para musisi muda seperti Danilla, Arian 13 dan Jason Ranti yang berujung pada gerakan Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan (KNTL RUUP).