26

Sehidup Semusik – Mengenal Crowdfunding dalam Musik

Dalam musik, istilah crowdfunding dalam tingkatan yang rendah familiar dalam berbagai banyak pembiayaan. Misalnya dalam latihan band, para anggota band selalu melakukan patungan untuk membiayai jam latihan bandnya, ini berlaku juga untuk rekaman dan proyek lainnya.

Crowdfunding dalam musik, hingga saat ini tak melulu melibatkan tingkatan internal (dalam hal ini anggota band) namun juga melibatkan fans dan pendengar luas.

Contoh suksesnya adalah ketika Pandai Besi berhasil melakukan kegiatan dalam merekam dan memproduksi album Daur Baur di Lokananta yang dirilis dalam bentuk piringan hitam. Mereka menjaring banyak fans dalam situs crowdfunding untuk ikut terlibat dalam proses pembuatan album ini sampai jadi.

Baca juga:  Mondo Gascaro - April | GOODLIVE Sessions

Hingga saat ini, ada banyak artis yang kerap menggunakan sistem crowdfunding ini dalam berbagai proyek yang mereka lakukan, dari pembuatan dan launching album, tur dan lain sebagainya.

Apa kelebihan dan kekurangan dari sistem crowdfunding ini bagi industri musik Indonesia. Seperti apa membuat crowdfunding yang baik untuk musisinya?

Sehidup Semusik kali ini, PHI khusus mengundang Raden Maulana dari Kolase.com, sebuah situs crowdfunding lokal yang telah sukses membantu menghubungkan musisi yang membutuhkan dana dengan para donatur dari fans dan masyarakat luas.

Dipandu oleh Wahyu Nugroho dan Widi Puradiredja, selain Raden Maulana, Sehidup Semusik kali ini juga akan mengundang Fandy DMC dari Agriculture dan Javabass. Javabass sendiri tengah melakukan crowdfunding untuk album barunya di Kolase.com. Juga tak kalah menarik adalah kehadiran grup vokal DEKAT. Kamga, Tata dan Chevrina akan berbagi pengalaman sukses mereka membuat album lewat sistem crowdfunding lewat Kolase.com.

Baca juga:  Mondo Gascaro - Dan Bila... | GOODLIVE Sessions

Simak videonya di atas dan buat kalian yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang crowdfunding, silakan juga cek video di bawah ini

Oiya, jika kamu ingin mendengarkan podcast alias rekaman audio dari Sehidup Semusik, bisa langsung klik di Inspigo dan nikmati podcast-podcast acara ini dari awal sampai akhir.

Jangan lupa juga untuk melihat video-video Sehidup Semusik dan video kalian dalam kanal Youtube Pop Hari Ini ya.