Simpul Hadirkan Kisah Rock Alternatif dalam Single Penat

Mar 29, 2024

Beranjak dari musisi kamar, 4 pemuda asal Sidoarjo ini memulai perjalanan dengan merilis single “Penat” hari Senin (15/01). Dengan formasi Adam (vokal, bas), Adit (gitar), Mbenk (gitar), dan Pepi (drum), mereka menamakan diri Simpul. 

 

Mulai banyak musisi bergenre alternatif tumbuh di Sidoarjo, membuat Simpul menaruh harapan akan kemajuan industri musik yang lebih merata dan berkembang. 

“Untuk perkembangannya sendiri, jujur kami masih belum bisa banyak memberi statement karena kami masih tergolong awam dalam skena musik terutama area Surabaya dan Sidoarjo. Tapi dari segi musikalitas menurut pandangan kami, di area kami ini sudah mulai banyak alternatif musik baru dan banyak creator event yang unjuk gigi. Dengan adanya ini, kami berharap bisa jadi sebuah kemajuan baik industri musik lebih merata dan berkembang,” ucap Pepi via Whatsapp (26/03). 

Menceritakan tentang gagal berjuang demi cinta, Simpul menggabungkan elemen indie rock dan emo ke dalam modulasi gitar. Proses kreatif dilakukan bersama-sama dengan lirik lagu yang disusun Adam dan banyak juga melibatkan teman di luar Simpul untuk memperkaya referensi dalam menjahit materi single pertama mereka. 

“Nama Simpul sendiri yang mengusulkan Adam. Kami ingin cari diksi yang Indonesia banget, kemudian Adam mengusulkan Simpul. Menurut Adam, berarti sebuah pola atau ikatan yang merepresentasikan kami dari berbagai latar belakang dan preferensi yang berbeda menjadi Simpul ini, dan ya biar bermaksud pendengar atau penonton menyimpulkan sendiri bagaimana karya kami,” tambah Pepi. 

Memiliki rencana untuk penggarapan album mini, Simpul telah memasak materi lagu kedua yang sudah masuk studio rekaman Januari 2024. 

“Rencana ke depan mungkin kami mau garap album mini dulu karena materi lagu kami sudah 75%. Bulan januari lalu, kami sudah melakukan proses rekaman untuk lagu kedua dan dalam waktu dekat ini kami ingin fokus promo dan berpartisipasi di event atau festival musik saja,” tutup Pepi.

 

Penulis
Javyerist Xavioly Fryzas
Cita-cita jadi guru musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …