Sindikat Sisa Semalam Rilis Single Hikayat Bujang

Dec 15, 2023

Proyek musik bergenre pop dengan nuansa lo-fi hip hop asal Lampung, Sindikat Sisa Semalam merilis single baru berjudul “Hikayat Bujang” hari Jumat (24/11). Karya ini menjadi lanjutan perjalanan mereka setelah membawakan ulang lagu ciptaan Syaiful Anwar “Sebik Dilom Hati”, yang masuk ke album kompilasi Ulun, Vol. 2.

Sindikat Sisa Semalam adalah Kew (keyboard, synthesizer, gitar, music programmer), Jonko (vokal), dan Rahman Utara (vokal, ukulele).

Proses kreatif lagu “Hikayat Bujang” memakan waktu sekitar 1 bulan, dari mulai workshop sampai final. Lagu ditulis oleh Rahman dalam bahasa Lampung dialek O atau disebut dialek Pepadun, yang tema dan alur ceritanya dikerjakan semua personel.

Lagu ini merupakan wujud dari eksplorasi kerumitan dan refleksi pemikiran seorang pria mendekati 30 tahun. Liriknya tentang kegelisahan, harapan, dan introspeksi yang muncul seiring transisi menuju fase kehidupan yang baru.

“Mungkin ini keresahan yang banyak terjadi, dengan stereotip pencapaian di usia 30 itu mesti sudah punya ini atau seharusnya sudah menikah, atau sudah bekerja dengan mapan, dan itu biasanya timbul justru dari keluarga terdekat kita,” jelas Jonko kepada Pophariini (13/12).

Berbekal pengalaman mengeluarkan “Sebik Dilom Hati”, Sindikat Sisa Semalam menunjukkan komitmen dengan masih menggunakan bahasa daerah asalnya untuk lagu baru ini.

“Pemicunya setelah diundang mengisi acara di Tubaba Art Festival. Kok sambutannya positif. Dari situ mulai proses produksi lagu sendiri. Walaupun secara bahasa, Lampung mungkin tidak sepopuler bahasa daerah lain, namun ini salah satu upaya kami untuk ikut melestarikan bahasa daerah yang mungkin terabaikan oleh sebagian anak-anak muda Lampung,” tutup Jonko.

Simak pula video musik “Hikayat Bujang” di kanal YouTube resmi Sindikat Sisa Semalam.

 

 

 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …