Sir Dandy Bayar Cicilan Gitar Lewat Album Baru

Oct 30, 2019

Sir Dandy kembali. Setelah terakhir kali berkarya pada 2011 lewat albumnya Lesson #1, Sir Dandy hadir dengan EP terbarunya berjudul Intermediate. Intermediate berisi enam buah lagu. Setelah “MRT” yang yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu, Intermediate juga memperkenalkan single “Jurnal Risa”. Single ini merupakan tribute personal Sir Dandy pada seorang teman lama bernama Risa Saraswati yang sekarang menjadi praktisi dunia mistik. 

Riko Prayitno menjadi produser untuk mini album ini. “Supaya investasi yang gue keluarin untuk dia, balik. Dia harus dijagain. Kalau nggak, bisa kabur. Nanti duit gue hilang, gitar yang gue jual ke dia juga hilang,” kata Riko mengenai keputusannya untuk mengambil peran produser di mini album ini. “Demi melunasi cicilan gitar ke dia,” kata Sir Dandy, mengenai comeback-nya lewat mini album Intermediate ini. Selain Riko Prayitno dan Rizky Indrayadi, gitaris Barasuara, Iga Massardi juga memproduseri beberapa lagu di mini album ini. 

“Buat saya, Riko sama Iga itu pelengkap sekaligus penyemangat. Mereka sebagai pemantik api produktivitas dan sensitivitas era industrialisasi 4.0 ketukan 4/4,” kata Sir Dandy tentang keberadaan dua musisi itu di belakang layar pengerjaan mini album ini. 

Secara utuh, Intermediate juga menampilkan banyak musisi yang “kurang kerjaan” sebagai session players-nya. 

“Saya mengajak mereka untuk berkarya lagi. Minimal bikin punya alasan untuk keluar rumah dan berkarya lagi. Kasihan, kebanyakan karirnya mentok. Jadi, hitung-hitung sambil bayar hutang juga bantu kawan punya kegiatan,” jelasnya. 

Beberapa nama yang bisa dicatat terlibat dalam penggarapan Intermediate adalah Petra Sihombing, Vincent Rompies, Hasief Ardiasyah, Achi Harjakusumah, Indra Massad, Widi Puradiredja, Christianto Ario Wibowo, Kamga, Chevrina Anayang, Soleh Solihun dan Rizky Indrayadi.

Intermediate dirilis pada Jumat, 25 Oktober 2019 di sejumlah platform digital. Mini album ini, juga telah dirilis dalam bentuk kaset terbatas beberapa waktu yang lalu. 

Eksplor konten lain Pophariini

20 Tahun Album Padi, “Sesuatu Yang Tertunda”

Di umurnya yang sudah dua dekade, Sesuatu Yang Tertunda milik Padi masih tetap menjadi sesuatu yang indah.

16 Pertanyaan: Rasya

Kemunculan Rasya yang menyita perhatian saat ia membawakan lagu cover “Don’t Look Back in Anger” milik Oasis di Instagram @generasi90an.