Soundrenaline 2023 Bukan Sekadar Musik

Sep 5, 2023

Soundrenaline sukses berlangsung tanggal 2 dan 3 September 2023 di Sirkuit Carnaval Ancol, Jakarta Utara. Bukan sekadar menyuguhkan penampil musik, festival juga memberikan pengalaman menikmati sajian audiovisual yang tak terlupakan.

Begitu sampai di pintu masuk, pengunjung langsung disambut lorong silver dengan hiasan laser yang mengarah ke segala sudut tak beraturan. Kemudian lorong yang berikutnya menampilkan speed lines dengan perpaduan warna merah dan hitam yang seakan mengantar pejalan untuk bisa sampai di sebuah tujuan.

Instalasi di pintu masuk Soundrenaline / Dok. Pophariini

Dome putih yang terletak tak jauh dari lorong kedua juga menyajikan audiovisual yang tak kalah menarik. Area ini dilengkapi pendingin ruangan, audio yang menenangkan ditambah visual dengan unsur surealisme yang memberikan pengalaman berbeda sambil duduk santai layaknya sedang meditasi.

Dome di Soundrenaline / Dok. Pophariini

Selain lorong dan dome, Soundrenaline menyediakan satu booth besar Voice Of True Progress. Pengunjung harus melakukan registrasi agar bisa memasuki ruangan-ruangan yang interaktif sebelum masuk ke area ini. Salah satu ruangan yang berkesan di dalam, yaitu boks telefon untuk pengunjung bisa mengutarakan hal yang sebelumnya tidak berani diungkapkan. Selesai dari mendapatkan banyak pengalaman seru, pengunjung mendapatkan gelang yang bisa digunakan untuk menukar minuman, pijat, photobooth, karaoke, dan merchandise gratis.

Booth Voice Of True Progress / Dok. Pophariini

Di Soundrenaline kali ini, penyelenggara juga fokus terhadap pemanfaatan daur ulang sampah. Pengunjung bisa menukarkan sampah plastik dan karton bekas makan atau minum di booth yang tersedia untuk mendapatkan merchandise, berupa pouch Soundrenaline.

Tak hanya keseruan menikmati instalasi seni, Soundrenaline tetap memberikan panggung musik dengan set yang tak main-main dari segi konsep hingga pengalaman mendengarkan yang baik.

Nama-nama yang bergantian tampil untuk mengisi A Stage, Creators Park, Iconic Stage, Next Level Stage, dan Progress Stage selama dua hari antara lain Adhitia Sofyan, Avhath, The Panturas, For Revenge, Endah N Rhesa, The Cash, Bebop, St. Loco, Poppin Class, MALIQ & D’Essentials, TheOvertunes, Heals, Andra & The Backbone, Summerlane, Rocket Rockers, Base Jam, Fiersa Besari, Perky Club, dan Optimal Soundsystem.

Adhitia Sofyan / Dok. Pophariini

Di hari pertama, Adhitya Sofyan memberikan aksi terbaiknya yang menenangkan dengan membawakan lagu-lagu seperti “Forget Jakarta”, “Adelaide Sky”, dan ditutup dengan “Sesuatu di Jogja”. Sementara di panggung yang beda, Avhath membawakan sejumlah materi, salah satunya “IV. The Solipsist” dari album mini Hymns yang rilis di tahun 2016.

Walau jarak dua panggung tersebut berdekatan, tetapi sound tidak bocor dan para penonton masing-masing masih tetap bisa menikmati penampilan dari dua nama tersebut.

Avhath / Dok. Pophariini

Soundrenaline 2018 menjadi kali pertama The Panturas naik pesawat terbang ke luar kota. Di kesempatan yang kali ini dari Bandung lewat darat mereka berenergi menghibur penonton dengan membawakan sederet lagu termasuk “Sunshine” dan “Gurita Kota”.

Band emo asal Bandung For Revenge yang sudah terbentuk sejak 2006 mengaku, ini menjadi kali pertama mereka manggung di Soundrenaline. Dengan membawa konsep pertunjukan album Perayaan Patah Hati, band mampu menciptakan sing along di sepanjang set mereka.

The Cash yang berkesempatan mengisi panggung utama menjadikan momen ini untuk memperkenalkan personel baru mereka, Surya Insomnia yang menggantikan Ringgo Agus Rahman. Aksi band dibantu Stevi Item (gitar), Yai Item (gitar), dan Kenny Gabriel (keyboard) dengan gimmick yang mampu menciptakan tawa.

Kejutan yang tak terduga di hari pertama Soundrenaline 2023, Isyana Sarasvati ikut berkolaborasi dengan salah satu penampil intenasional yaitu Thirty Second To Mars. Isyana yang tiba-tiba muncul berduet dengan Jared Leto untuk membawakan nomor “Stuck” mendapatkan sambutan yang luar biasa.

Hari kedua Soundrenaline 2023 dibuka dengan tiga band, yaitu MALIQ & D’Essentials, TheOvertunes, dan Heals yang bermain di panggung yang berbeda di waktu yang bersamaan pukul 14.30 WIB.

Saat Angga dan Indah MALIQ & D’Essentials sempat turun ke area pit untuk menyapa penonton langsung, Heals band shoegaze asal Bandung membawakan single terbaru “Weathre” perdana di Soundrenaline 2023.

Kolaborasi menyegarkan datang dari dua band pop punk, Rocket Rockers dan Summerlane di satu panggung. Mereka tampil bersama untuk membawakan lagu cover “All The Small Things” milik Blink-182. Aska Rocket Rockers juga sempat ikut bernyanyi “Sweet Escape” detik Summerlane membawakan lagu tersebut.

Belajar dari tahun sebelumnya, tempat penyelenggaraan becek selepas diguyur hujan deras. Penyelenggara kali ini memilih lokasi yang lebih tepat sebagai antisipasi yang baik. Sampai bertemu di Soundrenaline berikutnya.


 

Penulis
Syauqi Ibrahim
Sedang mencari cara menuju sarjana, berharap kelak dapat meninggalkan sesuatu dalam hidup.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Kuliner Pilihan Nadhif Basalamah

Penyanyi solo Nadhif Basalamah yang makin dikenal lewat “penjaga hati” mengunjungi Mad Haus untuk mempromosikan single “tiba-tiba jum’at lagi” bulan Februari lalu yang tayang dalam video Bertemuhariini.    Berbicara soal menyanyikan lagu bernuansa pop …

5 Lagu Naif Pilihan Franki Indrasmoro

Akhir Februari lalu, Franki Indrasmoro atau Pepeng resmi merilis single perdana untuk proyek musik solonya. Karya bertajuk “Ceriakan Dunia” tersebut merupakan pembuka untuk beberapa single yang bakal berujung album penuh di akhir tahun ini. …