Swara Hawa Memberi Ruang Aman untuk Wanita

Nov 25, 2022

Gelaran perdana Swara Hawa berlangsung sukses pada Rabu malam (23/11). Mengambil tempat di Hotel Monopoli, Kemang, showcase yang membawa pesan “You Reserve the Right to REFUSE” ini menggalakkan keamanan dan kenyamanan menonton acara musik untuk teman-teman wanita, tanpa dihantui rasa takut akan segala bentuk pelecehan seksual.

Hal ini ditunjukkan lewat postingan Instagram @swarahawa beberapa jam sebelum acara dimulai. “We Promise Swara Hawa is a safe place for all women to express themselves. If you feel disturbed, please contact our crew. We will always ready to protect you,” tulis mereka lewat unggahan carousel tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Swara Hawa (@swarahawa)

Barisan penampil pada event ini pun adalah musisi/band beragam genre dan karakter yang semuanya perempuan atau menampilkan perempuan sebagai garda terdepan grupnya.

Panggung dibuka oleh Virdania, penyanyi RnB asal Jakarta yang mengawali setnya dengan “Door of Changes” yang rilis 2021 lalu. Ia juga sempat menyelipkan beberapa lagu cover dalam setlistnya malam itu. Di antaranya adalah, “Cardboard Box” dari Flo dan “On My Mind” dari Jorja Smith hingga lagu dari penyanyi R&B dalam negeri yang saat ini sudah “pensiun”, “Tak Ingin Lagi” dari Dewi Sandra sukses dibawakannya dengan apik.

Virdania membuka panggung Swara Hawa / Dok. Gerald Manuel

Duo ethnic art pop Biru Baru tampil menggantikan kemeriahan yang diciptakan Virdania dengan kegalauan dari nomor-nomor ‘biru’ mereka. Band yang baru saja merilis album kedua mereka, Rasa & Manusia menggunakan panggung malam itu sebagai kesempatan mempromosikan album sophomore tersebut.

Biru Baru, dengan lagu-lagu sendunya menjadi semacam jeda bagi para penonton untuk chill sejenak sebelum kembali berdansa dengan Salon RnB yang tampil setelahnya.

Biru Baru membawakan beberapa nomor dari album terbarunya, Rasa & Manusia / Dok. Gerald Manuel

“Ini adalah panggung kolektif bersama Salon RnB,” jelas Gavendri, anggota Salon yang didaulat untuk mengawali penampilan mereka. Ia juga mengungkapkan bahwa tiap anggota dari kolektif tersebut akan membawakan masing-masing tiga lagu.

Gavendri menjadi pembuka dari penampilan kolektif Salon RnB / Dok. Gerald Manuel

Setelah Gavendri tampil membawakan tiga lagu andalannya, kini giliran kedua rekannya yang tergabung dalam RL KLAV naik ke atas panGgung. “Waddup Swara Hawa,” sapa RL (Rizkia Larasati) kepada penonton seraya mengawali penampilannya.

Penampil selanjutnya, RL KLAV / Dok. Gerald Manuel

Panggung intimate tidak menghalangi Moneva, member Salon terakhir yang tampil malam itu untuk membawa dua dancer dan membuat penonton seperti sedang menyaksikan diva macam Beyoncé. Bahkan, salah satu penonton terdengar melontarkan pujian untuk konsep performance Moneva yang menurutnya “niat banget”.

Moneva tampil maksimal / Dok. Gerald Manuel

Di akhir dari penampilannya, seluruh member Salon RnB naik ke atas panggung dan membawakan “Can’t Take My Eyes off You” milik Frankie Valli. Mereka juga mengundang para penampil sebelumnya, Virdania dan Talitha Belinda (Biru Baru) untuk sama-sama membawakan lagu tersebut sekaligus menutup panggung Swara Hawa Vol. 1.

Seluruh penampil dari edisi pertama Swara Hawa / Dok. Gerald Manuel

Rangkaian acara ditutup dengan penampilan Skeletale di booth DJ. Lagu-lagu pilihannya mengiringi para penonton yang asyik bercengkrama setelah show dan juga para penonton yang ingin pulang.

Sebagai catatan, acara perdana Swara Hawa memiliki beberapa kekurangan yang masih bisa diperbaiki di volume berikutnya. Jam mulai acara yang mundur dua jam, membuat beberapa penonton agak menyayangkan kejadian tersebut. Speaker yang kerap mati di setiap penampilan band/musisi juga menjadi hal yang sangat disayangkan. Namun panitia acara tetap dapat mengelola acara sampai akhir dengan baik, begitu pula para penampil.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Aksi Berkesan di Soundrenaline 2022

Di gelaran Soundrenaline 2022 lalu, kami mencatat setidaknya lima nama yang aksi panggungnya mencuri perhatian. Siapa sajakah mereka?

Discord: Menembus Batas Bersama Komunitas (Musik)

Discord menjelma menjadi alat bantu yang menjembatani komunitas yang memiliki minat, bakat, dan passion yang sama melewati batas-batas geografis yang menghalangi