Tak Hanya SXSW, Yacko dan Tuan Tigabelas Siap Manggung di Eropa

Mar 15, 2023

Dua hari yang lalu, Yacko dan Tuan Tigabelas dalam sebuah unggahan foto menginformasikan sudah berada di bandar udara. Mereka bersiap untuk terbang ke Amerika dan mengunjungi Eropa. 

Kedua musisi bakal singgah pertama di Amerika. Yacko dan Tuan Tigabelas dijadwalkan tampil selama dua hari, 15 dan 16 Maret 2023 untuk mengisi panggung Tiger Den dan Higher Ground di salah satu festival musik tertua dan terbesar di dunia, South by Southwest (SXSW).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tuantigabelas (@tuantigabelas)

Selain Amerika, mereka juga bakal singgah di Eropa. Yacko dan Tuan Tigabelas siap menyambangi Platypus Record Shop, Amsterdam tanggal 19 Maret 2023. Kemudian penampilan akan berlanjut tanggal 23 Maret di Marseille, Perancis bagian dari festival Babel Music XP.

Meskipun tak ada musisi lain kecuali Yacko dan Tuan Tigabelas yang mewakili Indonesia dalam perhelatan SXSW dan Babel Music XP di tahun ini. Keduanya mengaku, mereka tidak ingin dianggap sebagai representasi hip-hop Indonesia.

“Kita mungkin nggak mau dibilang sebagai representasi hip-hop Indonesia karena menurut aku hip-hop Indonesia sangat amat berwarna. Jadi kita hanya dua orang yang kebetulan juga orang terpilih tapi bukan berarti Indonesia itu seperti ini, itu misi yang kita bawa juga,” kata Yacko yang dikutip dari Detiknews.

Kehadiran keduanya di SXSW menambah daftar musisi Indonesia yang pernah tampil di sana. Festival yang sudah ada sejak 1987 silam ini pernah menghadirkan White Shoes & The Couples Company, Efek Rumah Kaca, The SIGIT, Lightcraft, dan Shaggydog.

 

Foto Yacko dan Tuan Tigabelas oleh Robbie Suharlim.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Naif Pilihan Franki Indrasmoro

Akhir Februari lalu, Franki Indrasmoro atau Pepeng resmi merilis single perdana untuk proyek musik solonya. Karya bertajuk “Ceriakan Dunia” tersebut merupakan pembuka untuk beberapa single yang bakal berujung album penuh di akhir tahun ini. …

Eksplorasi Genre Tiderays di Single Heal or Mend

Tiderays asal Semarang resmi merilis single anyar mereka dalam tajuk “Heal or Mend” hari Jumat (29/03) dengan menggaet Vajra Aoki dari Femm Chem sebagai kolaborator. Sebelumnya band sudah pernah merilis album bertajuk 401 tahun …