Tatyana Akman, Westwew, hingga HIVI! Ramaikan Pioneer’s Co-Lab Hari Pertama

Oct 27, 2022

Gelaran Pioneer’s Co-Lab, sebuah pesta kolaborasi oleh Pophariini sukses melangsungkan hari pertamanya pada 26 Oktober 2022. Mengambil tempat di Kokoon, Kuningan City, event yang diadakan selama dua hari ini menyuguhkan kolaborasi dari musisi dan seniman muda yang menjanjikan.

Dibuka tepat pukul 11.00 WIB, pengunjung yang sudah melakukan registrasi dan penukaran tiket bisa melakukan berbagai aktivasi, seperti bermain dengan virtual reality atau mengekspresikan diri lewat gambar pada space kosong yang sudah disediakan. Kegiatan ini terbukti banyak digemari karena spot tersebut hampir penuh di akhir acara hari pertama.

Ragam ekspresi pengunjung di spot putih yang disediakan / Dok. Syauqi Ibrahim

Petang pun tiba, tepatnya pukul 15.30 WIB, Tatyana Akman membuka panggung sebagai penampil pertama. Penyanyi yang juga seorang aktris ini membawakan nomor-nomor seperti “Sad Today” dan single terbarunya, “Cool”.

Tatyana Akman membuka panggung Pioneer’s Co-Lab hari pertama / Dok. Syauqi Ibrahim

Kepada Pophariini, Tatyana menceritakan proses pengerjaan single barunya.

“Waktu itu aku lagi ngerasa sesuatu yang kayak pengen aku tumpahin ke lagu gitu. Aku langsung coret-coret liriknya, dapet, tapi cuma verse awalnya doang sama reff,” ujar Tatyana. Ia melanjutkan “Pas itu ditinggalin saja dan akhirnya baru dapet kayak lagunya bisa rampung itu setahun setelahnya.”

Tatyana mengaku jeda 1 tahun inilah yang menyebabkan lirik “Cool” mewakili 2 perspektif-nya (pesimis dan optimis) saat pertama kali menulis lagu tersebut dan saat merampungkannya. 

Satu lagi sosok musisi muda menjanjikan yang tampil di panggung Pioneer’s Co-Lab, dia adalah Samo Rafael. Gaya flamboyan dan warna vokal ala Jeff Buckley mampu membius mata serta telinga penonton yang menyaksikannya sore itu.

Baru saja mengeluarkan maxi-single pada 3 Oktober 2022, penyanyi yang sudah menetap di Bali ini juga menceritakan proses penggarapan 3 lagu dalam rilisan terbarunya.

“Sebenarnya tuh kalau secara emosi itu awalnya gue nyiptain ‘Life’s A Pirouette’ dulu ketika gue sudah mulai jenuh di Jakarta, terus ‘Circles’ ketika gue sudah melepaskan Jakarta, kemudian ‘Milky’ itu ketika gue merasakan energi baru di tempat tinggal gue yang baru di Bali,” jelas Samo.

Rombongan Westwew / Dok. Syauqi Ibrahim

Selain kedua nama tersebut panggung musik juga diramaikan oleh sejumlah nama seperti GANGGA, Westwew, Sajama Cut dan ditutup dengan penampilan dari HIVI!. Penonton pun tampak sumringah karena bisa menyaksikan band/musisi favorit mereka dalam suasana yang intimate.

Sajama Cut membawakan beberapa nomor dari album terdahulu / Dok. Syauqi Ibrahim

Acara ini juga memamerkan karya-karya dari seniman visual seperti Jaka, Alan, Nugi, Ecko, dan Faza yang sudah melewati tahap kurasi oleh USS Feed.

Karya dari seniman visual hasil kurasi USS Feed / Dok. Syauqi Ibrahim

Di hari kedua ini, selain ada kegiatan musik dan seni seperti hari pertama, akan ada pengumuman pemenang dan awarding night untuk para pemenang Go Ahead Challenge dan GAC Art. 

Jadi jika kalian sudah registrasi di halaman Pophariini, jangan sampai kelewatan Pioneer’s Co-Lab hari kedua. Akan ada penampilan dari MALIQ & D’Essentials, Inthesky, Adhitia Sofyan dan masih banyak lagi. Sampai bertemu di Kokoon, Kuningan City!

 

Foto Samo Rafael di sampul artikel oleh Syauqi Ibrahim.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

Dongker – Ceriwis Necis

Kalian tidak harus sependapat dengan saya, “Bertaruh Pada Api” adalah lagu punk rock yang menyayat hati. Dinyanyikan bersama kebanggaan dan keharuan seekor pecundang urban yang mengais harapan di antara luka kehancuran zaman. Lagu itu …

Daftar Festival Musik 2024

Sejak menggelar diskusi seputar festival musik di pertengahan Maret 2024 lalu, kami sudah mendatangi dua keramaian. Pertama, Hammersonic Festival dan yang kedua Java Jazz Festival. Dapat dipastikan tahun ini panggung musik padatnya tak berkurang …