Tegas! Ahmad Dhani Larang Once Membawakan Lagu-lagu Dewa19

Mar 29, 2023

Pengumuman musisi Ahmad Dhani yang melarang penyanyi, Once Mekel, membawakan lagu-lagu Dewa19 di konsernya cukup mengejutkan. Seperti yang diberitakan di banyak media, Ahmad Dhani siap untuk membawa mantan vokalis Dewa19 ini ke ranah hukum.

Menurut pernyataan kuasa hukumnya, Ali Lubis seperti yang diutarakan pada jumpa pers 51 Tahun Kerajaan Cinta Ahmad Dhani kemarin (28/03) di kawasan Pluit, Jakarta Utara Dhani mengklarifikasi tentang larangan tersebut. Menurutnya bila Once Mekel tetap menyanyikan lagu Dewa 19, ia akan dikenakan sanksi pidana yang diatur dalam Pasal 113 UU RI No. 28 tahun 2014 tentang hak cipta. Dalam pasal tersebut diatur tentang rincian sanksi bagi pihak-pihak yang melanggar hak ekonomi pencipta karya yang diatur dalam Pasal 9 ayat (1) di undang-undang tersebut.

Ikhwal pernyataan ini bermula karena ada banyak EO (Event Organizer) yang mengundang Once yang tidak melapor ke WAMI (Wahana Musik Indonesia) dan tidak membayarkan royalti lembaga manajemen kolektif ini.

Disinggung soal hubungan pribadi dengan Once, lebih jauh lagi, dalam jumpa pers tersebut Ahmad Dhani juga mengatakan, bahwa ia tidak ada masalah pribadi dengan Once. Sejak awal yang menjadi perhatian Dhani adalah royalti yang harus dibayarkan pihak EO yang meminta Once membawakan lagu Dewa 19.

Pernyataan terbaru Dhani ini sebetulnya adalah buntut dari pernyataan di vlog pribadinya kurang lebih 3 minggu lalu tentang pelarangan EO untuk memakai/membawakan lagu Dewa19 di event besar yang berbayar.

Kemudian di video yang lain yang juga diunggah di vlog resminya terkhusus di menit ke 8, ia menyinggung soal hubungannya dengan Once yang ditengarai membawakan lagu-lagu Dewa19 di atas panggung.

Lebih lanjut lagi, di akun resmi instagramnya, suami dari Mulan Jameela ini juga sempat mengutip percakapan dari tangkapan group whatsapp WAMI (Wahana Musik Indonesia) perihal data EO (Event Organizer) yang pernah mengundang Once untuk konser. Jawaban WAMI pun cukup mengejutkan, bahwa ternyata banyak EO yang belum lapor ke pihak WAMI.

Ahmad Dhani sendiri sempat berada di satu panggung bersama Once saat Dewa 19 menggelar Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya tanggal 4 Februari 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. 

Konser 51 Tahun Kerajaan Cinta Ahmad Dhani akan digelar tanggal 28 Mei 2023 di Istora Senayan yang dipromotori Prestige Promotion. Konser dilaksanakan dalam rangka memperingati usia musisi yang ke-51 tahun tanggal 26 Mei. Di antara musisi yang siap memeriahkan konser seperti Ardhito Pramono, Andien, Danilla Riyadi, dan Lyodra.

foto profil: Ahmad Dhani / dok. instagram Sweet Escape / Ahmad Dhani Official 

____

Penulis
editorial

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Penyanyi Latar Musisi Indonesia

Sebuah lagu yang terdengar harmonis tak lepas dari sumbangsih warna vokal yang dihasilkan oleh penyanyi latar. Peran mereka kadang tak kasatmata atau mungkin dianggap lalu. Kenyataannya, penyanyi latar tidak bisa dianggap remeh. Jika menilik …

5 Alasan MALIQ & D’Essentials Enggak Bubar

Menyambut perilisan album baru MALIQ & D’Essentials, Can Machines Fall In Love? tanggal 30 Mei 2024, kami menemui mereka di sela-sela waktu latihan hari Selasa (21/05) di studio Mad Haus.   View this post …