PHI Tips: Tipis-tipis Memperkenalkan Karya Ke Media

Nov 25, 2020
foto by Raka

Banyak musisi/band dengan karya bagus di luar sana. Kalau kalian lihat di layanan streaming musik digital, kalian bisa menemukan banyak musik bagus di tiap playlistnya. Di luar itu, karya bagus bertebaran di ruang-ruang seperti Soundcloud, Bandcamp atau dishare dari mulut ke mulut.

Kalau sebelum masa pandemi, kita juga bisa menemukan lagu-lagu dari band-band bagus di tiap perhelatan panggung dari gigs kecil komunitas sampai festival besar.

Bagi kami yang berkecimpung di media, jutaan karya musik bertebaran memenuhi email kami selama 3 tahun kami eksis. Itu juga yang menjadi alasan kami untuk membuat program IKS ini sebagai kolam baru untuk menampung karya-karya bagus dari musisi-musisi baru ini.

Yang menjadi masalah adalah sering kami menemui banyak musisi yang sulit memperkenalkan diri mereka ke media seperti kami. Dari minimnya menemukan informasi tentang mereka, atau perkenalan yang kurang komunikatif.

Untuk itulah kami akan memberikan tips bagaimana memperkenalkan karya kalian ke media, tidak hanya kepada PHI, namun juga ke media-media lainnya.

Meskipun ada banyak kemudahan untuk menyebarkan karya musik, namun teryata peran media ternyata masih sangat penting untuk awareness dari musisi.

Berikut tips tipis-tipis dari kami. Simak baik-baik ya


 

1. Press Release

Press Release adalah ‘a must have’ yang harus dibuat ke media. Ini adalah bahasa resmi yang dibuat oleh musisi/band untuk memperkenalkan karya mereka. Isi dari press release itu adalah penjelasan dari karya, siapa yang menulis karya itu, siapa music directornya, produsernya dan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan karya itu. Selain itu, di press release juga bisa disebutkan tema dari karya/lagu itu sendiri. Siapa tahu, dengan tema yang menarik bisa menggugah para redaksi media untuk membaca dan akhirnya menulis tentang karya itu.

2. Biodata/Profil Band

Banyak band/musisi yang tidak memperhatikan sebuah profil dirinya dengan baik. Profil itu penting lho, apalagi untuk musisi baru yang ingin dikenal oleh banyak orang. Tidak sedikit hari ini, bahkan buat mereka sudah mengirimkan karyanya ke IKS namun tidak mengirimkan profil yang jelas dan panjang. Hanya mengungkapkan genre band dan nama personil saja itu bukan merupakan sebuah profil band yang baik. Profil band yang baik haruslah mencakup sejarah dari band, influens, pencapaian band (jika pernah manggung bareng band besar atau karya kalian diprofilkan di media besar lainnya, dikomentari oleh musisi besar, dll).

3. Foto Band

Banyak yang menganggap foto band hanyalah sekadar pelengkap, padahal keberadaan foto itu penting. Ia adalah bahasa visual yang dilihat pertama kali oleh pembaca/penikmat musik ketika ingin membaca profil kalian. Foto profil band harus dibuat sekeren mungkin, baik posenya, editingnya, dsb. Jangan hanya sekadar foto biasa, apalagi di-blur, wah ini bahaya.

4. Lagu

Meskipun ada banyak band punya link menuju ke lagu-lagu kalian, namun mengirimkan contoh lagu dalam format mp3 itu menjadi penting, apalagi jika kalian ingin mengirimkan karya/lagu kalian ke media seperti radio misalnya. Dengan mengirimkan data lagu, akan membesarkan kemungkinan ketika seorang Music Director dari sebuah radio yang tertarik dengan profil kalian akan dengan mudah memasang lagu kalian ke playlist siaran radionya.

5. Contact Person dan Social Media

Ini hal kecil sih, tapi penting banget. Apa jadinya jika kalian sudah meng-email profil yang bagus namun kalian lupa untuk menyantumkan alamat kontak person ke mereka. Ini berhubungan dengan infrastruktur dari kalian sendiri. Meskipun terbilang baru, setiap musisi/band harus punya perwakilan dari mereka, baik manajer atau hanya sekadar asisten untuk membantu kalian berhubungan dengan dunia luar. Sosial media penting, dengan mempercantik laman sosial media kalian, akan semakin terbuka kesempatan kalian untuk dilirik oleh media.

Itu dia tips tipis-tipis dari kami, semoga bermanfaat dan pasti semoga kalian makin giat lagi untuk mengirim karya ke media-media seperti kami dan yang lainnya juga ya.

Tetap kirimkan karya kalian ke IKS ya, klik banner di bawah ini buat yang belum ikutan submit.

IKS

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Daftar Musisi Berzodiak Libra

Kami sesuaikan pula lagu-lagu dari masing-masing musisinya yang mungkin bisa mewakili cerita kehidupan para Libra di luar sana di masa ini.

Gavendri – Should I | GOODLIVE Sessions

Di akhir bulan Agustus lalu, Gavendri kembali melepas satu lagi nomor yang membawa warna terbaru dari perjalanan bermusiknya, peralihan dari pop ke R&B.