33

“U DO”, Gaya Lo-fi R&B yang Mengawang ala Andre&

Andre &, Produser musik dan ​DJ ​asal Jakarta.

Produser Musik dan DJ asal Jakarta, Andre& baru saja merilis materi terbarunya “U DO”. Karya ini dirilis melalui perusahaan rekaman merangkap kolektif musik yang menaunginya yaitu Pon Your Tone. Karya ini merupakan singel ketiga yang dirilis label ini, setelah sebelumnya Andre& telah merilis singel “Toxic Ovr Ya (Feat. Noni)” dan “0521 (feat. Matter Mos, Ezra Kunze dan Diego Shefa)”.

Pada lagu “U DO” ini, pria yang punya nama lengkap Andre Daniel ini bisa dibilang melakukan pendekatan musikal yang cukup dibilang langka. Andre& mengedepankan unsur lo-fi dan R&B bertempo sedang dengan sentuhan estetika produksi khas musik Dream-Pop yang mengawang.

“Buat gue lagu ini adalah representasi dari perasaan ragu karena menghadapi hal-hal yang tak pasti. Kondisi ini sangat manusiawi karena kita selalu menghadapi banyak ketidakpastian dalam hidup dan rasa gamang itu adalah reaksi yang wajar terjadi. Menurut gue lagu ini menggambarkan sesuatu yang kontras, sama seperti artwork-nya yang ceria namun menyimpan makna mendalam yang tidak terbaca oleh kasat mata. Dari segi instrumen lagu ini memberikan suasana yang damai dan tenang tetapi dari segi lirik, lagu ini menyuguhkan keadaan yang sendu pilu,” ujar Andre.

Baca juga:  Laze Yang Menjelma Menjadi Kenek Bis dan Penjaga Minimarket

Penggarapan lagu “U DO” ini sendiri memakan waktu sekitar 1 bulan. Ada yang menarik saat proses pembuatan lagu ini. Andre& menemukan seorang penyanyi asal Amerika Serikat dari Soundcloud yang memilih untuk menyamarkan namanya di lagu ini. Andre& merasa lagu yang sudah ia buat sangat cocok dengan karakter suara vokalis dan langsung mengajaknya berkolaborasi pada lagu “U DO” ini.

Di tengah proses penggarapan karya tersebut, Andre& berinisiatif mendaftarkan lagunya pada program Tunes from Tomorrow Series 002 yang merupakan kolaborasi antara Tunes from Tomorrow dengan Pon Your Tone yang diwadahi oleh Social Hub. Melalui rangkaian workshop yang diadakan, Andre& akhirnya dapat merampungkan lagunya hingga siap untuk diluncurkan.

Baca juga:  Bangkutaman dan Harlan Boer Beri Kejutan di Cassette Store Day 2019

_____