Ucok Homicide Terbitkan Catatan 10 Tahun Hip Hop

Sep 2, 2018

Homicide dikenal grup rap yang sangat dihormati di kalangan skena bawah tanah. Jadi wajar, meski grupnya sudah bubar, rekamannya tetap saja diburu, bukan saja rekaman, namun apapun yang tercurah dari Ucok Homicide, pendiri dari grup ini jadi incaran pecinta dan kolektor musik, sampai kaus band sekalipun.

Nah, kali ini sang rapper yang juga dikenal sebagai penulis yang kritis kembali menelurkan karya. Bukan karya musik, melainkan buku baru.

Bertajuk Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd Dalam Satu Dekade, ini adalah buku terbaru dari penulis bernama asli Herry Sutresna. Dalam buku setebal 240 halaman ini, Ucok dengan tekun dan sadar mencatat naik turun, timbul tenggelam skena hip hop dunia selama sepuluh tahun terakhir.

Di buku ini pula ia memberikan penilaian, persetujuan, verdict dan juga kekecewaan serta sumpah serapah dengan didasarkan kepada pendapat pribadinya.

Ini adalah buku kedua setelah beberapa tahun lalu beliau merilis buku Setelah Boombox Usai Menyala, yang mana juga laku keras di pasaran.

Lebih beruntung lagi, di buku Flip Da Skrip ini, kita sekaligus bisa menyelam jauh ke dalam kedalaman sejarah hip-hop yang diceritakan ulang oleh Ucok sejak genre ini muncul di akhir dekade 1970-an.

Flip Da Skrip masih hangat diterbitkan oleh Elevation Books, cabang bisnis dari Elevation Records, label musik yang merilis rekaman-rekaman sidestream lokal, dari Sajama Cut, Bandempo, Bangkutaman juga, ya beberapa rekaman Homicide.

Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut bisa mengirimkan email ke [email protected] atau WA 0819 0848 0616

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …