Wajah Baru dan Momen Terlangka di Aksara Showcase

Feb 24, 2023

Berawal dari kompilasi JKT: SKRG (2004), Aksara Records berjasa dalam perilisan band-band independen era 2000-an. Sebut saja Sore, White Shoes & The Couples Company, Efek Rumah Kaca, Goodnight Electric, dan The Adams yang masih aktif merilis karya dan manggung sampai hari ini.

Sebagian nama yang pernah melewati karier bareng Aksara memang sudah berdiri dengan label sendiri. Mengingat label sempat vakum belasan tahun dan baru memutuskan kembali sekitar pertengahan 2022, yang ditandai dengan peluncuran karya musik Ardhito Pramono, yang kini sudah tidak lagi bersama Aksara.

Aksara Records akhirnya melanjutkan perjalanan dengan menggelar Aksara Showcase hari Rabu (22/02) di The Dome, Senayan Park, Jakarta. Pertunjukan dimeriahkan artis-artis mereka saat ini, seperti Kurosuke, Bilal Indrajaya, dan White Shoes & The Couples Company. Selain itu, Mondo Gascaro, Sore, dan The Adams juga ambil bagian dalam keriaan.

Panggung malam itu dibuka dengan penampilan Mondo Gascaro, yang banyak membawakan lagu-lagu dari album Raja Kelana. Mondo juga membawakan lagu lain seperti “Apatis” dan “April” dalam kesempatan ini.

Mondo Gascaro membuka Aksara Showcase / Dok. Syauqi Ibrahim

“Kalau bukan karena Aksara Records, kita enggak akan di sini. Lagu ini untuk Aksara Records,” ucap Mondo sebelum memainkan lagu “Dan Bila…”

Band Sore yang tampil setelah Mondo memberikan suguhan yang apik di atas panggung. Selain membawakan lagu-lagu hit mereka, Sore sempat membawakan cover version “Jawab Nurani” dari Fariz RM dan Transs.

Hal yang mengejutkan di penampilan Sore, mereka mengundang mantan personel, Mondo Gascaro ke atas panggung. Sontak penonton bergelora merespons momen monumental ini dengan riuh tepuk tangan, bahkan ada yang mengaku terharu sampai meneteskan air mata.

Dalam kolaborasi mereka, Sore dan Mondo membawakan lagu “No Fruits For Today” dari album Centralismo. Uniknya, lagu ini tidak ada dalam setlist, yang membuktikan betapa spontannya kolaborasi mereka. Tak sampai di situ, Mondo sempat kembali ke panggung ikutan menyanyikan lagu “Karolina”.

Kejutan di Aksara Showcase, Mondo naik ke panggung bersama Sore / Dok. Syauqi Ibrahim

Kurosuke yang berkesempatan mengisi panggung setelahnya, mengajak penonton bertepuk tangan untuk dua band yang ia anggap pahlawan tersebut. Seakan tak mau kalah dengan band idolanya, Kurosuke mengajak Bilal Indrajaya yang juga tampil malam itu untuk berkolaborasi membawakan lagu “Tapestry”.

Kurosuke tampil setelah Sore / Dok. Syauqi Ibrahim

Hadirnya White Shoes & The Couples Company di atas panggung langsung disambut dengan tepuk tangan penonton. Lagu “Windu Defrina” pun dikumandangkan sebagai persembahan pembuka penampilan mereka di Aksara Showcase.

Nostalgia WSATCC dengan materi album pertama / Dok. Syauqi Ibrahim

Malam itu White Shoes & The Couples Company banyak membawakan materi dari album pertama mereka. Hal ini dilakukan sebagai rasa terimakasih pada Aksara Records yang merilis album tersebut. Ditambah kejutan Sari yang menghampiri kerumunan penonton saat lagu “Selangkah ke Seberang” dibawakan.

Sari WSATCC turun untuk bernyanyi bersama penonton / Dok. Syauqi Ibrahim

Tampil elegan dan gagah, Bilal Indrajaya naik ke atas panggung dengan jas coklat dan kemeja putih, sesekali ia juga bernyanyi sambil menggendong Gibson ES-335 berwarna merahnya. Dalam penampilannya penonton kompak bernyanyi bersama saat “Niscaya” dibawakan.

Bilal Indrajaya sempat membawakan materi baru / Dok. Syauqi Ibrahim

Acara ditutup dengan penampilan band terakhir, The Adams. Meskipun menjadi band yang terakhir tampil, Adams memang pantas dinanti. Semua senang. Ricky Virgana, yang juga partner satu band dengan gitaris/vokalis Saleh Husein, sempat naik ke atas panggung saat The Adams membawakan “Halo Beni”. Suasana jadi lebih meriah menyambut akhir acara.

The Adams penuh energi sebagai penampil terakhir / Dok. Syauqi Ibrahim

Aksara Records sukses membuktikan, bahwa jasa mereka sangat besar dalam perjalanan band-band yang tampil maupun tidak hadir. Kebahagiaan juga dirasakan penonton yang hadir secara khusus, mengingat pertunjukan hanya diperuntukkan bagi pemegang undangan. 

Semoga pertunjukan tadi malam bukan yang terakhir, namun pertunjukan yang serupa bisa berlanjut di kesempatan yang lain. Terima kasih Aksara Records atas rilisan-rilisan terbaiknya dan showcase tadi malam yang pantas dikenang.


 

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan Shelomita Tetap Bermusik

Shelomita yang dulu dikenal sebagai penyanyi latar untuk band seperti Slank dan Dewa kembali merilis karya terbaru di bulan Desember 2023 lalu. Single bertajuk “Biarkan Kasih Bernada” ini dikerjakan bersama trio pencipta lagu Laleilmanino. …

The Soegenk Asal Pangkalan Bun Rilis Single Rela

Band pop alternatif asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah bernama The Soegenk resmi merilis single kedua bertajuk “Rela” hari Kamis (15/02).   The Soegenk beranggotakan Gogo (vokal), Reza (drum), Raja (kibor), Fauzan (gitar), dan Nando …