69

Warna-Warni Synth Pop Grace Sahertian

Melanjutkan kesuksesannya melalui single “Beautiful” yang berkolaborasi dengan
saxophonist jazz pemenang Grammy, Kirk Whalum; Grace Sahertian meluncurkan single
keduanya yang berjudul “Apart” di tanggal 25 Januari 2019 kemarin. Menyusul, video musiknya juga dirilis kemarin malam pada hari Selasa (29/01/19).

Sebagian besar lagu Grace merupakan cerita pribadi dan juga orang-orang di sekelilingnya.
Cerita yang sangat intim seringkali dikemas secara implisit oleh Grace. Termasuk lagu “Apart” yang bercerita tentang perpisahan. Saat jalan yang dipilih sudah berbeda, tak ada keputusan yang lebih baik selain berpisah. Walaupun menyedihkan, terkadang perpisahan harus dilakukan dalam perjalanan hidup kita, sebagai bagian dari proses pendewasaan.

Grace Sahertian. Foto: Sandy Adriadi

Grace mengeksplorasi musikalitasnya dengan memasukkan nuansa 80’s synth-pop dalam
aransemen musik lagu “Apart” ini. Kembali bekerja sama dengan pianist/composer lulusan
Berklee College of Music, David Manuhutu, lagu ini didominasi oleh suara synthesizer, drum machine, dan riff gitar yang menarik. Lantunan suara Grace yang lembut dan melankolis, dipadukan dengan layer vokal latar yang megah, berhasil menggambarkan perasaan sedih yang mendalam serta memperkuat nuansa 80-an dari lagu “Apart”.

Baca juga:  Pamungkas Siap-Siap Album Kedua

Untuk proses mixing dan mastering, Grace kembali menggaet multi award-winning producer/mixer/musician asal UK, James McMillan (quietmoney.co.uk). Dijelaskannya lagi, menerima perubahan dan mencari kedamaian di dalamnya, merupakan inti dari lagu “Apart”.

 

 

____