​​PHI Tips: Biar Berdebu, Masih Bisa Seru

Dec 23, 2021

Tips Biar Vinyl Lo Masih Bisa Diputar

Merawat koleksi barang vintage hitungannya gampang-gampang susah, apalagi kalau koleksinya sudah banyak. Barang vintage tak lekang dari yang namanya rusak dan ringkih. Dari mulai yang besar sampai mobil sampai mainan jaman dulu. Dari ranah musik, vinyl atau piringan hitam adalah salah satu barang vintage yang rentan dan perlu dijaga. Ada begitu banyak keluhan tentang kerusakan vinyl, dari yang berjamur, debuan sampai rusak covernya. 

Kalo udah gini, ujung-ujungnya beli lagi. Iya kalo ada vinyl yang diinginkan, kalau nggak ada? Sayang banget kan? Terlebih lagi, vinyl yang rusak bakal berakhir di tong sampah. Nah, biar nggak terulang terus menerus, nih, Pophariini kasih 5 cara gimana cara merawat vinyl biar lo anti nyampah! 


Simpan dengan benar.

Tips pertama adalah bagaimana cara menyimpan vinyl yang baik dan benar. Sebaiknya kalau menyimpan vinyl itu harus tegak lurus, jangan ditumpuk tidur seperti menyimpan koran atau kaset. Kenapa gak boleh? Karena itu mengurangi resiko vinyl lo bisa bengkok karena tertumpuk-tumpuk. 

 

Hindari udara lembab dan panas.

Sama seperti kaset, udara lembab dan panas bisa membuat material vinyl menjadi tidak stabil, kalau sudah begini, peluang berjamur akan lebih besar. Ada baiknya, kamar kalian menyimpan vinyl bisa dinyalakan AC atau setidaknya ada ventilasi yang cukup, tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab.  

 

Seminggu sekali dibersihkan.

Minimal itu seminggu sekali lah dibersihin. Kalau koleksi lo masih sedikit sih gampang ya, tapi gimana kalo koleksi sudah banyak? Ya, kalo gini sih mungkin intensitasnya bisa ditambahkan jadi seminggu dua kali. Buat cara bersihinnya, lo bisa beli cairan pembersih vinyl beserta lap microfiber lalu mulai bersihkan. Jangan lupa juga mengelap covernya ya biar gak berdebu. 

 

Jangan dijemur.

Mencuci vinyl tidak sama dengan mencuci baju. Mereka tidak perlu dikeringkan dengan cara dijemur. Sehabis vinyl dicuci, lo cukup mengangin-anginkan saja atau didiamkan saja tegak lurus di suhu ruangan, sehabis itu di lap bersih. Siap dimasukkan lagi ke dalam jaketnya, deh!

 

Harus sering diputar.

Terakhir, satu-satunya cara untuk merawat vinyl adalah dengan cara memberi mereka waktu untuk dimainkan alias diputar di turntable-nya. Setidaknya, lo jadi punya waktu untuk sekalian membersihkan dan juga merawat mereka.

Bukan cuma untuk melindungi vinyl kesayangan lo aja, tapi lo juga bisa menjadi pribadi yang anti nyampah dan turut berperan serta dalam merawat lingkungan sekitar. Selamat mencoba!

 


 

Penulis
Pop Hari Ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dhira Bongs Untai Ragam Kisah di Album Ketiga

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung baru saja merilis album penuh ketiganya di hari Jumat (23/09) lalu. Simak kisahnya berikut ini.

Selang Lima Tahun, Akhirnya Scaller Rilis Album Kedua

Lima tahun berselang semenjak sang album debut, Senses, akhirnya Scaller melanjutkan kiprahnya dengan album kedua yang diberi judul Noises & Clarity.