16 Pertanyaan: Misyel Evelyn ‘Phonetic’

Jun 19, 2022

Misyel Evelyn bersama Phonetic terakhir mengeluarkan single berjudul “Give Me Yours” Februari 2022 lalu. Saat ini ia pun sedang mempersiapkan karya musik terbaru bareng bandnya yang ditargetkan beredar pertengahan Juli mendatang.

Bassist yang akrab disapa Icey ini orang lama yang baru resmi gabung di Phonetic sejak band melakukan pergantian formasi. Dulunya Phonetic adalah Flynn beranggota Ario (vokal), Amen (gitar), dan Iky (bas).

“Waktu itu Iky keluar dari Flynn, terus Ario dan Amen mencoba untuk menghidupkan lagi bandnya. Pas aku lagi ikut mereka nongkrong ngobrolin materi, di situ aku tiba-tiba ditunjuk untuk gantiin Iky. Waktu itu aku langsung setuju karena dari awal Flynn terbentuk pun aku ikut bantu dalam proses mereka,” kata Icey kepada Pophariini (16/06).

 

Icey bersama Phonetic telah merencanakan album penuh. Ia mengaku bandnya sedang menemukan tantangan, yaitu saat mencoba untuk memasukkan banyak jenis musik ke dalam satu album.

Berbicara karier, Icey sempat menjadi vokalis band saat ia masih SMA yang tidak berlanjut. Hingga Phonetic merupakan band yang menjadi awal keseriusan bermusiknya.

Gitar bas yang dipilih karena menurut Icey alat ini paling menarik. “Soalnya kalau dengar lagu aku suka menikmati bass line dari lagu tersebut. Apalagi aku ngefans banget sama Flea RHCP (Red Hot Chili Peppers),” ungkapnya.

“Awalnya, aku cuma bisa main gitar saja. Terus aku tertarik coba bas karena terlihat lebih simple. Tapi, ya ternyata not as simple as it seems ya [tertawa]. Tapi, aku suka banget sama suara yang bisa diciptakan oleh bas itu sendiri karena sebuah musik dengan adanya bass itu bisa terdengar lebih kawin kali ya disebutnya,” jelas Icey lebih lanjut.

Selain bermusik, Icey berprofesi sebagai interior designer. Ia juga mengisi waktu dengan berkebun, masak, dan jalan-jalan ke hutan atau alam terbuka. Ketiga kegiatan yang sangat ia cintai.

Makin penasaran seperti apa sosok Icey, simak jawaban untuk 16 Pertanyaan yang kami ajukan kepadanya berikut ini.


1. Jumlah minimal uang yang pernah ada di rekening bankmu?

Saldo 0,00 rupiah pernah. Tapi, itu sengaja saldonya dikosongin. Kalau minimal uang yang bikin ketar ketir itu pas awal kuliah. Saldo cuma sekitar 3.000 Rupiah dan itu pun kepotong biaya admin yang tadinya ada 8.000-an. Uang aku cuma segitu-gitunya. Satu bulan ke depan, saldonya enggak nambah sudah minus tuh [tertawa].

2. Cara menghilangkan stres yang berhasil bagi orang lain tapi menurutmu itu omong kosong?

Alcohol untuk orang lain mungkin bisa jadi short runaway ya. Tapi, untukku enggak works sama sekali karena aku punya digestive problem. Jadi, kalau minum alcohol malah bakal bikin tingkat anxiety aku lebih tinggi lagi.

3. Jenis sambal favoritmu untuk menambah selera makan?

Sambal Roa sih. Wangi ikan asapnya tuh hmmm. Ih, aku sampe ngiler jawab pertanyaan yang satu ini [tertawa].

4. Kalau lagi kangen sama seseorang biasanya kamu ngapain?

Kalau orangnya masih dekat pasti langsung aku telfon. Terus aku ajak ketemu spend time bareng. Tapi, kalau orangnya sudah enggak dekat. Paling aku ngelamun, inget good memories bersama. Terus doain yang baik-baik saja.

5. Apa merchandise musik termahal yang pernah kamu beli?

The Cure World Tour T-Shirt. Untuk harga merch sih enggak terlalu mahal. Tapi dibanding merch-ku yang lain T-shirt The Cure ini paling mahal.

6. Kamu lebih dekat dengan Ayah atau Ibu? Kenapa?

Aku sangat-sangat dekat dengan keduanya, sama rata. Aku cerita hampir semua hal ke Ibu dan Ayahku. Mereka pun terbiasa buat diskusi dan bercerita tentang hal baik dan buruk yang mereka lewati. Bahkan, mereka enggak sungkan untuk minta solusi dari aku kalau sedang merasa kesulitan. Kita enggak banyak membatasi satu sama lain sih. Jadi, aku sama mereka itu kayak BFF (Best Friend Forever) gitu.

7. Musisi lokal yang pernah kamu ajak foto bareng tapi dia menolak?

Hmmm aku enggak pernah ditolak saat ajak musisi foto bareng karena untuk minta fotonya pun aku enggak ada nyali [tertawa]. Aku pemalu banget. Satu-satunya musisi lokal yang pernah aku ajak foto bareng cuma Kak Danilla. Itu pun minta tolong ke roadman Phonetic untuk bilang ke dianya. Akunya sembunyi di belakang roadman-ku sambil malu-malu [tersenyum].

8. Nasihat agama yang kamu perlukan tapi belum pernah kamu amalkan?

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (2:216). Sebagai umat manusia aku masih sangat egois dan jarang mengamalkan ayat tadi karena terkadang aku pikir aku lebih tahu dan lebih mampu. Tapi, sebenarnya enggak sama sekali. I don’t know anything. Alhasil, aku kadang dapat kecewa karena egoku. Thank you lho sudah kasih pertanyaan ini. Aku jadi bisa remind diri aku lagi.

 

9. Jika kamu mendapat piala ajang penghargaan musik. Apa kira-kira kategori yang pantas kamu raih?

Wah, sejujurnya aku enggak tau. Kayaknya untuk sekarang terlalu kejauhan untuk membayangkan hal indah itu [tersenyum].

10. Di mana tempat yang menurut kamu paling nyaman untuk menenangkan pikiran?

Tempat yang paling tenang untuk aku itu di tempat yang udara dingin, banyak pohon, enggak bising. Jadi, aku merasa sangat beruntung tinggal di Bandung, untuk mencari tempat-tempat tersebut enggak susah. Oh iya, adanya kucing akan menjadi nilai plus.

11. Festival musik di luar negeri yang kamu harap bisa manggung di sana bersama bandmu?

Glastonbury Festival.

12. Apa berita baik tentang Indonesia yang terakhir kamu baca via media sosial atau website?

Untukku kabar yang paling baik adalah ditemukannya almarhum Eril anak dari Gubernur Ridwan Kamil. Saat ada berita hilangnya Eril aku benar-benar ngikutin beritanya sampai ikut nangis, deg-degan, dan nunggu. Aku merasakan banget kesedihannya walaupun aku enggak kenal secara personal. Jadi, saat ada berita sudah ditemukan aku ikut lega karena almarhum bisa kembali lagi ke Tanah Air untuk kembali ke pelukan keluarganya.

13. Handphone pertama yang kamu pakai?

Nokia 2300 warna pink ungu. Hit banget pada masanya. Selalu terpampang di koran Pulsa yang selalu bikin ngayal punya handphone yang tombolnya banyak kayak handphone pewaris tahta perusahaan di sinetron. Oh, iya enggak lupa juga dulu sering ganti casing dan keypad sudah gitu isi lagu The Beatles walaupun masih monophonic.

14. Kapan pertama kali kamu menginap di rumah teman?

Kelas 6 SD nginep sama temen-temen kompleks pas lagi bulan puasa. Soalnya seru tarawih bareng yang sebenarnya lebih ke jajan dan main petasan sudah gitu enggak tidur sampai sahur.

15. Mana yang kamu pilih: Sashimi atau sushi?

Wah, ini serasa ditanya pilih Ibu atau Ayah sih [tertawa]. Aku suka banget keduanya. Tapi, sashimi pemenangnya. By the way, kok tau sih aku suka sashimi dan sushi.

16. Sebutkan bassist Indonesia yang paling hensem sesuai urutan 1 – 3!

  1. John Paul Patton (Coki) – Kelompok Penerbang Roket
  2. Vincent Rompies – Goodnight Electric
  3. Kevin Septanto – Elephant Kind

 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Catatan Menjadi Manajer Tur Bangkutaman

Satria Ramadhan menceritakan soal bagaimana kesannya sebagai manajer tur bangkutaman yang baru saja merampungkan #tautautur2022 kemarin.

Adrian Yunan Kembali Bercerita di “Panggilan Darurat”

Adrian Yunan mendapuk single tersebut menjadi jembatan menuju album penuh keduanya yang akan segera hadir, menyusul album debut Sintas lima tahun silam.