16 Pertanyaan: Octavia Variana (Heals)

12587

Bagi kamu yang mengikuti kiprah grup musik rock alternatif asal kota Kembang Heals, maka pasti tidak asing lagi dengan bassist cewek jangkung bernama Octavia Variana atau Via. Bersama Heals, dara kelahiran Bandung ini telah wara-wiri dari panggung ke panggung dari perhelatan gig-gig independen sampai ke festival musik Internasional seperti Laneway Festival.

Kamu mungkin sudah tahu alasannya mengapa ia mengambil instrumen bass sebagai senjatanya atau mengapa ia bergabung dalam band. Namun tentang kesehariannya, belum banyak orang yang mengerti. PHI merasa beruntung bisa mengupas kepribadian Via dalam keseharianya. Selamat menyimak.

 

Apa buku yang sedang dibaca tapi belum selesai?
Lagi baca komik sebenernya (HAHA). Lagi nerusin Bleach. Karena salah satu karakter di anime ini entah kenapa gemes banget bikin pengen punya. Salah satu anime yang membuat saya ingin menggambar, thank you Chappy!

Dok. bleach.wikia.com

 

Film yang lagi ditonton?
Kalau film, baru saja nonton The Shape of Water. Sebenarnya sih karena efek penasaran, karena kemarin baru saja menang Oscar dan ternyata suka visualnya.

 

Bagaimana dengan Netflix?
Kalau serial Netflix, lagi nonton Devilman Crybaby. Direkomendasikan oleh teman. Saya memang penggemar anime dan memang sekalian nyari referensi.

 

Album lokal yang lagi didengerin banget
Gaung – Opus Contra Naturam. Memang bukan musik yang mudah dipahami dan dinikmati. Tapi, selain karena saya sempat membantu mengisi posisi bass di panggung mereka beberapa bulan lalu, menurut saya ini adalah album bagus. Mulai dari sampul, layout album, video klip hingga musiknya sangat dipikirkan dengan baik.

Cover Gaung: dok.orangecliffrecords.com

 

Kapan terakhir pergi ke festival musik?
Kalau yang paling dekat sih kemarin ke Music Gallery di Kuningan Jakarta. Karena memang manggung sama Heals dan sekalian nonton Beach Fossils.

Lagu yang menurut lo bassnya enak
Rusa Militan – “Black Sun”

 

Apa aktivitas yang paling sering dilakukan dalam seminggu ini
Beresin kerjaan yang numpuk – Latihan bersama Heals – Tidur

Apa pengalaman manggung terburuk?
Selama ini saya belum pernah merasa ada di panggung terburuk. Kesalahan teknis selalu terjadi dan bukan hal yang aneh. Sekalipun set saya dan Heals kurang maksimal/saya melakukan kesalahan, saya tetap menikmatinya karena saya memang senang untuk tampil. Mungkin panggung terburuk itu ketika saya sudah tidak menyenangi dan menikmatinya.

Siapa cowok yang jadi teen crush kamu?Kurt Cobain. Karena dia adalah frontman dan songwriter Nirvana yang menurut saya tidak perlu dijelaskan.

alternativenation.net

 

Apa salah satu hal yang jadi mood boster?
Jam tidur cukup.

Tiga hal di bucket list yang belum kesampaian?
Lulus kuliah, punya studio ilustrasi dan musik sendiri, dan terakhir yang paling muluk-muluk sih ingin meng-arasemen musik sendiri, mulai dari proses pembuatan musik hingga sampul, entah itu bersama Heals atau iseng-iseng bikin project sendiri.

Mana dua hal yang bikin bete: kepala kepentok atau kaki kepeleset?
Kaki kepeleset.

Sebutin 3 bassist tanah air favorit!
Ade Purnama (Pure Saturday), Ridwan Aritomo (Polyester Embassy) dan Sammy Bramantyo (Seringai)

Dok. sam_bram (instagram)

 

Apa IG yang terakhir di kepoin?
HAIM (@haimtheband). Lagi bingung match jacket kulit sama celana apa, sekalian nonton lagi video tour SISTER SISTER SISTER mereka. Lucu banget langsung pengen bisa joget.

https://www.instagram.com/p/BfmJH39lyqm/?hl=en&taken-by=haimtheband